Gencarkan Ikrar Bersama Lintas Suku dan Agama

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 11 Maret 2019 01:03, Dibaca 402 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Wakil Rakyat Kalteng Dr. P Lantas Sinaga mengharapkan, agar ada tindaklanjut sebuah konsep, dalam memperkuat persatuan dan kesatuan antar masyarakat.

Untuk itu dirinya mengusulkan agar kegiatan ikrar bersama lintas suku dan agama bisa intens dilaksanakan. “Tujuannya dalam upaya mencegah masuknya paham radikalisme serta menjaga kesatuan dan persatuan di wilayah kita,” ujarnya kepada awak media, ketika ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

(Baca Juga : Penanganan Jalan Maliku Disorot)

Dirinya menyebut apa yang menjadi keinginan sangat beralasan, mengingat pentingnya memperkuat semangat NKRI dan menumbuhkan semangat pancasila. Selain juga yang terpenting adalah mempererat kerukunan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Anggota Legislatif itu juga mengatakan ikrar itu merupakan komitmen bersama dalam mencegah segala bentuk hal negatif. Seperti, adu domba, provokasi, dan paham yang dianggap bertentangan dengan negara RI.

Dirinya optimistis apabila konsep ini ditindaklanjuti, maka mampu memproteksi berbagai ancaman yang berpotensi merusak harmonisasi antar lingkup masyarakat. Apalagi selama ini kerukunan serta kerjasama, yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Bisa dikatakan ikrar bersama itu juga sebagai bentuk deteksi dan pencegahan secara dini.

Pria murah senyum itu juga menambahkan, Kalteng merupakan daerah yang kaya, dengan berbagai macam unsur. Tidak hanya kebudayaannya saja, namun juga agama serta suku yang beragam. Selama ini provinsi itu, dikenal memiliki tingkat kondusifitas yang tinggi. Penduduknya menghormati satu sama lain.

Kondisi yang positif itu diharapkan bisa terus berlangsung hingga ke depan. mengimbau, agar kedamaian itu terus bertahan, masyarakat harus menghindari adanya isu-isu yang dianggap memprovokasi.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook