Upaya Pencegahan Karhutla Harus Ditingkatkan

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 17 Juli 2018 07:29, Dibaca 9 kali.


MMCKalteng - DPRD Kalteng meminta kepada Pemprov Kalteng untuk meningkatkan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang selalu terjadi setiap tahunnya di Kalteng.

Menurut anggota DPRD Kalteng Jimin, berkaitan dengan sering terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Bumi Tambun Bungai ini, Pemprov Kalteng harus bersiap sedia untuk mencegah kejadian serupa yang mungkin saja terjadi parah pada 2017 ini.

(Baca Juga : Komisi III Gelar RDP dengan KONI, Dispora dan Tim Sepak Bola Kalteng Putri)

Berbagai upaya baik telah dilakukan maupun konsolidasi dengan berbagai pihak terkait serta penyiapan sumber daya manusia (SDM), alat operasional personel, sumber dana yang telah besar telah dianggarkan.

“Namun yang perlu kami tegaskan adalah bagaimana sejak dini pemerintah daerah melakukan peningkatan upaya  pencegahan,” kata anggota DPRD Kalteng dari Fraksi Partai Demokrat, Jimin kepada wartawan di gedung dewan, kemarin.

Pencegahan dimaksud kata Jimin, bisa dengan mengantisipasi agar masyarakat dan perusahaan yang memiliki hak penguasaan hutan dan lahan untuk tidak membakar lahan/hutan pada musim kemarau.

“Terpenting juga diperlukan koordinasi dengan meningkatkan edukasi terhadap masyarakat dan pemilik perusahaan yang beroperasional di Kalteng,” tambah Jimin, yang juga Sekretaris Komisi D DPRD Kalteng ini.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) III Kalteng, meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara ini mengatakan, persepsi dan pendapat masyarakat yang berkembang selama ini tentang peristiwa kebakaran yang serting terjadi adalah bahwa kebakaran tersebut terjadinya di dalam hutan semata.

Padahal sesungguhnya kata Jimin, peristiwa tersebut bisa saja terjadi di luar kawasan hutan. “Seharusnya kebakaran hutan dan lahan dipandang sebagai suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam sistem pengendaliannya,” pungkas Jimin.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook