VICON LAPORAN PANEN PADI DI PULANG PISAU DAN BARITO TIMUR DENGAN MENTERI PERTANIAN RI

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 15 April 2020 09:16, Dibaca 474 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Dalam rangka memantau ketersediaan pangan khususnya menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) dan mengantisipasi dampak COVID-19, Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo  meninjau kondisi panen dan pertanaman padi nasional secara online dan melakukan dialog melalui AWR Kementerian Pertanian dengan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten dan  Kelompok Tani yang  berada di lokasi panen. Siaran langsung panen dari lokasi dipantau Menteri Pertanian mulai pukul 10.00 WIB, dilaksanakan oleh seluruh provinsi di dua lokasi yang melakukan panen padi pada hari Selasa (14/4/2020).

"Bulan April ini hampir seluruh lokasi sentra padi melakukan panen, namun tidak semua lokasi memiliki akses jaringan telekomunikasi maupun internet. Meski lokasi panen ada, jika tidak ada sinyal jaringan tentunya tidak bisa vicon. Setelah dikoordinasi dengan kabupaten, lokasi yang siap vicon yaitu Kecamatan Paku, Kabupaten Barito Timur dan Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, “ urai H.Irpan Rianto, Kabid Tanaman Pangan, Dinas TPHP Prov Kalteng.

(Baca Juga : Kalteng Swasembada Benih Unggul Bawang Merah)


Laporan panen disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Riza Rahmadi dan Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau Slamet Untung Rianto dari lokasi masing-masing pada kesempatan yang diberikan Menteri Pertanian untuk Provinsi Kalimantan Tengah.

"Barito Timur, hari ini panen di Poktan Kalawangun, Desa Rantau Pusi,Kecamatan Paku, dengan luas panen 28 hektar, jenis varietas padi Inpari 30,Inpari 42, Inpari 9 dan padi hibrida FL 8,“ lapor Kadis Pertanian Barito Timur.

"Kabupaten Pulang Pisau, hari ini melakukan panen di Poktan Suka Maju,Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu, luas panen mencapai 159 hektar, provitas 4,1 ton/ hektar, harga GKP Rp. 5.000,-, “ lapor Kadis Pertanian Pulang Pisau.

(by. Ita –PMHP)

 

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook