Tingkatkan Sinergitas Penegak Hukum melalui Forum DILKUMJAKPOL Tahun 2019

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 25 Juni 2019 15:11, Dibaca 12 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - (25/06/19) Demi mewujudkan kepastian hukum bagi masyarakat, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Tengah menggelar rapat koordinasi yang terdiri dari para penegak hukum antara lain pengadilan, Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan dan Kepolisian.

Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah (Juliasman Purba) membuka rapat koordinasi Pengadilan, Kemenkumham, Kejaksaan dan Kepolisian (Dilkumjakpol) di Hotel Luwansa Palangkaraya, Selasa (25/06) dengan Tema "Membangun Sinergitas Antar Institusi Penegak Hukum sebagai Upaya Mendukung Sistem Peradilan Pidana Terpadu Demi Terwujudnya Revitalisasi Pemasyarakatan di Kalimantan Tengah".

(Baca Juga : Tiba di Bandara, Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik dan Keamanan Disambut Kakanwil dan Gubernur Kalteng)


Dalam sambutannya, Juliasman Purba menekankan bahwa penegak hukum baik dari Pengadilan, Kejaksaan, Kemenkumham dan Kepolisian ini saling berpengaruh satu sama lain. Sehingga perlu dibangun sinergitas antar institusi penegak hukum yang ada.

“Sinergitas antar instansi penegak hukum baik dari Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, dan Kementerian Hukum dan HAM sangat berperan penting dan perlu dibangun dalam mewujudkan keterpaduan dalam penegakan hukum” Terang Juliasman.


Juliasman juga membahas terkait Permenkumham No. 36 Tahun 2018 tentang Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan. Dimana revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan merupakan suatu upaya mengoptimalisasi penyelenggaraan Pemasyarakatan sebagai bentuk perlakuan terhadap Tahanan, Narapidana dan Klien serta perlindungan atas hak kepemilikan terhadap barang bukti.

“Harapannya, pada Rapat Koordinasi Dilkujakpol ini selain bicara tentang Pemasyarakatan kita juga tidak kalah pentingnya membahas terkait Keimigrasian yakni tentang Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) dan yang berkaitan dengan Hukum dan HAM seperti YANKOMAS dan lainnya”. Tambah Juliasman.

Koordinasi, kerjasama dan komunikasi menjadi suatu kewajiban yang pelaksanaannya harus di landasi keterbukaan dan kebersamaan dan berkesinambungan antar Penegak Hukum di Wilayah Kalimantan Timur. Upaya memperkuat sinergi antar instansi penegak hukum tersebut telah diwujudkan melalui Forum Dilkumjakpol yang menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan Dilkumjakpol ini yaitu dari Hakim Pengadilan Tinggi Palangkaraya (Andreas Tirtakusuma), Wakil Kejaksaan Tinggi (Rudy Yulianto) Kepala Kantor Wilayah Kalimantan Tengah (Juliasman Purba), dan perwakilan pejabat Polda Kalteng Bidang Hukum (Muhyar) Turut hadir dalam kegiatan Dilkumjakpol dari jajaran Kantor Wilayah, perwakilan Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, dan Polres se-kalimantan Tengah serta Kepala UPT Pemasyarakatan se-Kalimantan Tengah. (Red-dok, Humas Kalteng, Jun ’19).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook