Divisi Yankum Kanwil Kalteng terus bergerak demi memberikan pelayanan dan sosialisasi kepada Masyarakat di daerah

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 15 April 2019 13:19, Dibaca 487 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya (11/04/2019) – Untuk terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan Hukum online Kementerian Hukum dan HAM kepada masyarakat, tim Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang diketuai oleh Kadiv Yankum, Cahyani Sunandari melaksanakan pemantauan dan evaluasi layanan Administrasi Hukum Umum (AHU) di 2 Kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Sampit.

Kegiatan yang dilakukan di Kabupaten Seruyan ini dimulai dengan menyambangi Bagian Hukum dan Sekretaris Dewan DPRD terkait tugas dan fungsi Pelayanan Hukum serta penandatanganan MoU. “Tujuan koordinasi yang tertuang dalam draft MOU adalah mensinergikan tugas dan fungsi yang ada di kanwil kemenkumham kalteng dengan tugas dan fungsi yang dimilki oleh Pemda dan sekeretaris Dewan DPRD Kabupaten Seruyan terutama tugas dan fungsi pada divisi Yankum. Sinergi diperlukan untuk memastikan tugas dan fungsi yang dimilki masing-masing instansi dapat dijalankan dan memberikan hasil yang maksimal terutama untuk masyarakat seruyan,” Jelas Cahyani.

(Baca Juga : Divisi Pemasyarakatan Ikuti Video Conference Deklarasi Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020)

Lebih lanjut, Cahyani menjelaskan terdapat 3 bidang di divisi yankum yg mempunyai tugas dan fungsi yang signifikan untuk masyarakat seruyan yaitu:


  1. Bidang HAM, terkait dengan beberapa program pemerintah yg menjadi prioritas dan perhatian pemerintah antara lain, rencana aksi HAM yg diatur dalam Peraturan Presiden No. 33 Tahun 2018 dan Kab/kota peduli HAM
  2. Bidang Hukum, terkait dengan peran perancang dalam pembentukan produk hukum daerah, bantuan hukum dan penyuluhan hukum
  3. Bidang pelayanan hukum, terkait dengan pelayanan administrasi hukum umum dan kekayaan intelektual

Dilain tempat Tim yang dipimpin oleh Kepala Bidang Hukum Agustina Dayaleluni beserta Kasubid Pelayanan Administrasi Hukum Umum Beni Yuandrias dan staff juga menyambangi ke bagian Hukum dan Sekertaris Dewan DPRD Kabupaten Sampit terkait Tugas dan fungsi Pelanyanan Hukum dan penandatanganan MoU juga melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap Notaris di Sampit.

Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan semua kantor notaris membuat laporan bulanan yang saat ini harus diinput ke dalam sistem online. Kepala Bidang Pelayanan Hukum dalam kegiatan ini kembali melakukan pemantauan sekaligus melakukan pengarahan terkait Pelayanan Ahu Online. Beberapa notaris yang dikunjungi telah melakukan pendaftaran di Aplikasi AHU Online.

Dalam rangka optimalisasi kerjasama antara kanwil kemenkumham dengan pemerintah daerah. Bidang hukum melaksanakan koordinasi ke DPRD dan Pemerintah Daerah Kabupaten/kota. Pada tanggal 9 s.d 11 April 2019 bidang hukum melaksanakan koordinasi ke Kab. Kotawaringin Timur yg bertujuan untuk menyampaikan peran, tugas dan fungsi kemenkumham dalam membantu penyelenggaraan pemerintahan daerah berupa pembentukan, pelayanan hukum dan HAM, keimigrasian dan pemasyarakatan yang nanti diharapkan dapat dituang dalam kesepakatan bersama berupa MoU. Dan Bidang hukum juga menanyakan terkait kendala dan hambatan yg dialami pemda dan dprd selama ini krn sampai saat ini keterlibatan kemenkumham dlm membantu daerah belum optimal informasi ini perlu digali sebagai bahan masukan dan evaluasi kinerja bagi divisi pelayan hukum dan ham agar dapat lebih baik dan optimal lagi dalam membantu pemerintah daerah kab/kota, " ungkap Agustina Dayaleluni.

Kegiatan ini ditujukan untuk Notaris yang berada di Wilayah Kabupaten Sampit. Dalam materi yang disampaikan Kabid Hukum Agustina Dayaleluni mengharapkan dengan adanya kegiatan ini para Notaris akan menyampaikan dan menemukan solusi atas kendala yang ada dalam AHU online ini serta menjadi masukan bagi tim dalam rangka kemajuan pelayanan online itu. (Red-dok Roy & Mey, Apr`19)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook