Pegang Pucuk Pimpinan Kemenkumham Kalteng, Menkumham Minta Yoseph Jalankan 5 Strategis

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 04 April 2018 22:29, Dibaca 817 kali.


MMCKalteng - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah hari ini bertempat di Aula Jayang Tingang Palangka Raya melaksanakan acara Serah Terima Jabatan Kepala Kantor Wilayah yang baru dari Plt. Kepala Kantor Wilayah Hajrianor kepada Kepala Kantor Wilayah definitif Yoseph. Serah terima jabatan yang dihadiri oleh Wakil Ketua  DPRPD Provinsi Kalimantan Tengah, Kapolda Kalimantan Tengah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPINDA) Kalimantan Tengah, Pimpinan Instansi Vertikal, Badan, Lembaga, Rektor Universitas Se-Kota Palangka Raya Serta Para Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Se-Kalimantan Tengah ini dimulai tepat pada pukul 10.30 WIB berlangsung tertib dan lancar.

Diawal, Plt. Kepala Kantor Wilayah Hajrianor dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama kurang lebih 4 bulan yakni sejak 04 Desember 2017 sampai dengan 04 April 2018 dirinya melaksanakan tugas selaku Plt. Kepala Kantor Wilayah. Selama kurun waktu tersebut banyak terjadi dinamika dan permasalahan yang dihadapi, akan tetapi berkat dan dorongan, semangat serta kerjasama yang baik dari semua pihak baik itu Divisi maupun UPT Se-Kalimantan Tengah permasalahan tersebut bisa diatasi dengan baik. Selama kurun waktu 3 bulan awal triwulan I Tahun 2018 sebagian program dan kegiatan baru dalam tahan persiapan pelaksanaan, demikian juga terhadap target Kinerja B03 yang menjadi prioritas bersama. Oleh karena itu dirinya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Imigrasi dan Pelayanan Hukum dan HAM, rekan-rekan seluruh Kepala UPT serta seluruh mitra kerja Instnasi terkait lainnya atas dukungan dan kerjasamanya selama melaksanakan tugas sebagai Plt. Kepala Kantor Wilayah.

(Baca Juga : \"Hak Cipta, Hak Kita\" Kasubbid Pelayanan KI jadi Narasumber bagi Komunitas Musik Palangka Raya)

Selanjutnya, dalam sambutan pertamanya Yoseph Kepala Kantor Wilayah definitif menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak atas sambutan hangat atas dirinya dan keluarga di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila Kalimantan Tengah untuk menjalankan tugas sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah. Dikatakannya dengan semangat kebersamaan serta kekompakan yang ada dari seluruh pihak diharapkan mampu dan menjadi modal utama untuk mensukseskan pembangunan hukum di Provinsi Kalimantan Tengah baik itu dalam halnya dibidang Pemasyarakatan, Keimigrasian maupun terhadap Pelayanan Hukum dan HAM.

Sementara Gubernur Kalimantan Tengah dalam sambutannya yang disampaikan oleh Saidina Aliansyah Wakil Asisten I Sekda Provinsi Kalimantan Tengah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan meminta agar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah yang selama ini menjadi mitra kerja yang baik bagi pemerintah daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota hendaknya terus selalu eksis didalam melaksanakan pembangunan hukum yang merata di Provinsi Kalimantan Tengah, hal ini menjadi bagian penting didalam mensukseskan program menuju kalteng BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan HArmonis). Pesan Gubernur, dibidang Pemasyarakatan banyaknya kasus narkoba didalam Rumah Tahanan (RUTAN) diharapkan jajarannya dapat memberantasnya, di bidang Imigrasi harusnya ada pengawasan kepada Warga Negara Asing (WNA) yang berada di Kalimantan Tengah agar terkoodinir pendataannya untuk WNA yang berkunjung ke Kalimantan Tengah sedangkan dibidang Pelayanan Hukum dan HAM hendaknya bisa menjadi mitra kerja yang baik bagi Pemerintah Daerah dalam rangka mengharmonisasi Perda dan Raperda sehingga menjadi sebuah paying hukum bagi pelaksanaan pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah.

Sedangkan Menteri Hukum dan HAM RI dalam sambutannya yang disampaikan Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Agus Hariadi meminta kepada Yoseph sebagai Kepala Kantor Wilayah untuk melaksanakan 5 langkah strategis yakni Pertama, kerjasama dan koordinasi yang kuat dengan pemerintah pusat dan daerah untuk bersama-sama menyelesaikan target-target kinerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM yang sudah disepakati pada awal tahun 2018. Kedua, pada awal tahun 2018 Kementerian Hukum dan HAM juga mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).  Oleh karena itu pada tingkat Kantor Wilayah segera lakukan pencanangan dan penandatanganan pakta integritas,  serta melakukan internalisasi kepada seluruh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM. Ketiga, aktifkan unit pemberantasan pungli (UPP) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dengan mengedepankan upaya-upaya melakukan pencegahan yang bekerjasama dengan aparat penegak hukum lainnya ditingkat wilayah. Keempat, tingkatkan selalu kewaspadaan khususnya di bidang pemasyarakatan dan keimigrasian dengan cara deteksi dini. Jangan lengah dan terlena dengan situasi yang aman, cek dan kroscek karena bahaya datang tidak pernah memberikan kabar. Kelima, pimpinan harus mampu menjadi role model bagi bawahannya.  Pimpinan harus memberikan teladan serta mampu bersinergi dengan mengedepankan prinsip profesionalitas, akutanbilitas, dan transparasi serta mampu menjadi katalistator bagi perubahan atau inovasi positif sehingga mampu meninggalkan legacy yang baik ucap Agus. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Apr 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook