Ivo Sugianto Sabran : Pengaktifan Posyandu Dalam Rangka Pencegahan Dini Stunting

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 09 April 2019 11:39, Dibaca 364 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Yulistra Ivo Sugianto Sabran selaku Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Tengah (TP-PKK Prov. Kalteng) menyampaikan beberapa hal diantaranya : pesan dari Ibu Negara Iriana Jokowi pada saat peresmian Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut (8/4/2019) untuk mengaktifkan posyandu, "karena lewat posyandu untuk deteksi dini stunting", ucap Ibu Ivo.

Rakon ini sendiri bertujuan "Konsolidasi gerakan PKK sebagai mitra kerja pemerintah dalam mewujudkan Kalteng Berkah dan juga agenda penting lainnya untuk penanggulangan stunting dan revitalisasi Posyandu dan keaktifan dasawisma, ucap Ketua TP-PKK Prov. Kalteng.

(Baca Juga : Pemprov Kalteng Gelar Rapat Persiapan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat, Hari Kesatuan Gerak PKK dan Hari Keluarga Nasional)


Terkait dengan jumlah Posyandu yang aktif, Isteri Gubernur Kalimantan Tengah ini menyampaikan, "hanya 19% dari 2500 Posyandu yang aktif atau sekitar 507 Posyandu". Ivo Sugianto Sabran mengungkapkan bahwa salahsatu masalah kurang aktifnya Posyandu dikarenakan kurangnya informasi dan kesadaran dari masyarakat untuk datang dan memeriksakan buah hatinya di Posyandu. "Ada yang melayani tapi kebanyakan pasiennya tidak ada, karena kurangnya kesadaran masyarakat datang ke Posyandu untuk diperiksa".

"Maka dari itu kita sebagai PKK sudah kewajibannya untuk menggerakkan masyarakat supaya lebih aktif lagi untuk datang ke posyandu, untuk menarik minat masyarakat ke posyandu, jemput bola itu yang utama, kita juga mengadakan campaign, himbauan, dan juga koordinasi lintas sektor karena berkaitan dengan pencegahan dini Stunting dan pengaktifan Posyandu", lanjut Ivo Sugianto Sabran.


Lomba senam Ayo Minum Air (AMIR) juga akan diperluas diseluruh Kabupaten/Kota se-Kalimatan Tengah, Provinsi Kalimantan Tengah juga meraih juara satu tingkat Nasional sebagai Duta AMIR, "kita juara satu tingkat nasional duta Ayo Minum Air, kita otomatis jadi contoh untuk Nasional, maka kedepannya kita akan adakan di seluruh Kabupaten untuk kampanye Ayo Minum Air (AMIR)", tutupnya. (ARP/Foto:ASEP)

 

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook