Ibu Ivo ajak saling bersinergi bangun budaya peduli kanker

Kontribusi dari Elga Arya Putra, 05 Februari 2018 13:53, Dibaca 748 kali.


MMCKalteng- RSUD dr. Doris Sylvanus peringati Hari Kanker Sedunia di Aula Bajenta, RSUD Doris Sylvanus, Palangka Raya, Senin (5/2). Ivo Sugianto Sabran, memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi.

Dalam sambutannya, Ivo menyampaikan Tema "Kita Bisa, aku bisa" merupakan pesan kepada individu ataupun kelompok untuk mengambil peran dalam mengurangi beban dan permasalahan kanker, dan tujuan utama Hari Kanker Sedunia adalah menyelamatkan jutaan jiwa dari kematian yang sebenarnya dapat dicegah, tentunya dengan cara mendorong pemerintah dan juga individu untuk mengambil langkah dengan meningkatkan kepedulian, meningkatkan langkah pencegahan, melakukan deteksi dini dan meningkatkan upaya pengobatannya juga menggalakkan untuk mengurangi resiko kanker dengan mengenali tanda dan gejala kanker, menjaga pola hidup dan menciptakan lingkungan hidup sehat serta mengajak organisasi masyarakat, pemerintah dan setiap individu yang berkecimpung di dunia kesehatan untuk saling bersinergi dan membangun budaya peduli terhadap penyakit kanker.

(Baca Juga : Ivo Sugianto Sabran : Pengaktifan Posyandu Dalam Rangka Pencegahan Dini Stunting)

Kedepannya, Ivo mengharapkan rumah sakit semakin mengembangkan kemampuan deteksi dini terhadap penyakit kanker dan terapi dari sisi sumber daya manusia dan fasilitas sarana prasarana peralatannya serta semakin mempermudah akses pelayanan pengobatan dan program terapi yang tepat bagi masyarakat.

Turut hadir pula pada acara tersebut Ibu Wakil Gubernur, Sekretaris PKK Kalimantan Tengah, Direktur Rumah sakit dan jajarannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Komunitas Cancer Information and Support Center (CISC), para survival dan relawan kanker, serta Dokter dan perawat rumah sakit.

Acara diawali dengan penampilan senam sehat dari CISC sebagai bentuk dari Kalteng peduli kanker. Usai acara, Ibu Gubernur mengunjungi beberapa pasien kanker yang sedang ditangani di RSUD dr.Doris Sylvanus. (EAP/ Foto: Asep)

 

 

Elga Arya Putra

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook