Siapkan 10 Hektar Pengembangan Hijauan Pakan Ternak

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 30 Maret 2019 10:33, Dibaca 34 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya sangat serius untuk mengembangkan program ketahanan dibidang peternakan, khususnya sapi.

Salah satunya dengan membuat pengembangan hijauan pakan ternak seluas 10 hektar di wilayah Kelurahan Kanarakan, Kecamatan Bukit Batu. Kebun rumput ini sudah tumbuh subur.

(Baca Juga : Ben : Jaga Kebersihan Demi Kapuas Bersih)

Kabid Produksi Peternakan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Sugiyanto menjelaskan kebun rumput seluas 10 hektar ini ada empat jenis.

Rinciannya rumput potong (rumput gajah atau pennisetum purpurium 3 hektar dan rumput odot 3 hektar), rumput gumbala (rumput braceria ducumben/BD seluas 2 haktare) dan jenis kegum indigofera seluas 2 hektar.

“Rumput jenis ini bisa ditanam di lahan pasir,” kata Sugiyanto,” Jumat (29/3/2019). Sugianto mengatakan dengan adanya ‘kebun’ pakan ini maka bisa dimanfaatkan untuk kepentingan ternak, sehingga ke depannya tidak sulit lagi dalam mencari pakan.

Dia menambahkan nutrisi rumput jenis gajah ini sangat baik untuk penggemukan sapi. Bisa juga untuk kambing. Dengan demikian hewan ternak cepat gemuk. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook