Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Kalteng Laksanakan Rakor Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas)

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 26 Februari 2019 17:28, Dibaca 649 kali.


MMCKalteng - Pelayanan Komunikasi Masyarakat (YANKOMAS) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah merupakan suatu bentuk apresiasi pemerintah dalam pengimplementasian perlindungan dan pemenuhan HAM, yaitu pemberian layanan terhadap masyarakat tentang adanya dugaan pelanggaran/ permasalahan HAM di Kalimantan Tengah.

Peran Bidang HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah sebagai perpanjangan dari Kementerian Hukum dan HAM di daerah yaitu menerima dan menindaklanjuti komunikasi, meminta informasi/klarifikasi dari pihak terkait, melakukan penelaahan/analisis, audiensi, konsultasi, koordinasi, dan rekomendasi.

(Baca Juga : Bakti Kepada Negeri Merah Putih Narapidana Sebagai Wujud Nyata Aktif Dalam Pembangunan Dimasyarakat)

Bertempat di Sampit Kota Waringin Timur, YANKOMAS melakukan rapat koordinasi pada (21/02) yang lalu. Adapun permasalahan yang di tindak lanjuti adalah laporan yang disampaikan oleh Sdr. Ilu Jawas pada tanggal 9 Januari 2019 tentang adanya pelanggaran HAM terkait pembongkaran/penggusuran bangunan/lahan beserta tanaman yang berlokasi di Jalan Sampit – Pangkalan Bun KM.32 Kanan Naik Kabupaten Kota Waringin Timur oleh Sdra. Sanggul Limban Gaol, pegawai Dinas Lingkungan Hidup bersama Tim Kab. Kotawaringin Timur. Penggusuran dilakukan pada tanggal 10 Desember 2018 yang dilakukan pada bangunan/lahan milik pelapor.

Rapat koordinasi dan klarifikasi dimulai dengan penyampaian kronologi serta tuntutan dari pihak pelapor yang dilanjutkan dengan penjelasan oleh pihak Pemda Kabupaten Kotawaringin Timur. Anggota rapat dihadiri oleh kuasa hukum pelapor Edi Roswandi, penasihat hukum pelapor Ridwansyah, Mantir adat Dina Suganda, Sekretaris Camat Novarin, Dinas Lingkungan Hidup Susi, pelapor Ilu Jawas, Kabag Pemerintahan Sekda Kab. Kotim Iwan Setiawan, Tim Satpol PP, Kabag Hukum Pemda serta dihadiri Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Cahyani Suryandari dan pimpinan Rapat Karyadi.

Laporan yang diterima dari pihak pelapor adalah bahwa telah terjadi penggusuran rumah/lahan yang dilakukan oleh Tim dari Kab. Kotawaringin Timur, namun ketika ditanya tentang surat tugas atau surat putusan pengadilan tidak dapat menunjukkan surat yang diminta pelapor. Sementara menurut pihak terlapor, pihak Pemda telah menyampaikan surat peringatan sebanyak tiga kali, namun tidak dipatuhi/dilaksanakan. Pemda telah menjalankan SOP terkait penertiban lahan sehingga berdasarkan hal tersebut satpol PP sebagai aparat penegak peraturan daerah dapat melakukan tindakan penertiban.

Dalam rapat tersebut, Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Kalteng selaku pimpinan rapat, telah menerima keterangan dari kedua belah pihak. Dan selanjutnya Tim Yankomas Kanwil Kalteng akan melakukan analisa serta telaah yang akan disampaikan ke pihak Pemda dan pihak terkait atas permasalahan ini.

Sementara dilaporkan dari Kantor Wilayah, pada Senin (25/02) Tim Yankomas Kanwil Kemenkumham Kalteng telah melaksanakan rapat penyusunan laporan atas telaahan hasil Rapat Yankomas disampit yang dihadiri langsung oleh Kepala Divisi Administrasi sucipto ucap Karyadi Kepala Bidang HAM kepada Humas Kantor Wilayah. (Red-dok. Pirhan, Roy, Mey, Humas Kalteng Feb.19).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook