Wujudkan Pagu Anggaran Yang Pasti Kanwil Kumham Kalteng Lakukan Pendampingan Bersama Biro Perencanaan Dan Unit Utama

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 22 Agustus 2019 11:58, Dibaca 674 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - (22/08/19) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Tengah menyelenggarakan kegiatan Supervisi RKA-KL Pagu Anggaran Tahun Anggaran 2020. Kegiatan yang berlangsung di aula kantor wilayah ini diikuti oleh para Operator Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Kalimantan Tengah dan para Operator RKA-K/L di lingkungan Kantor Wilayah.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah (Sucipto) mewakili Plt. Kepala Kantor Wilayah, dan laporan panitia disampaikan oleh Kepala Bagian Program dan Humas (Diana Soekowati).

(Baca Juga : Melalui Teleconference, Kalapas Sukamara Ikuti Arahan Plt. Dirjen Pemasyarakatan)


Kepala Bagian Program dan Humas (Diana Soekowati) dalam laporannya menjelaskan tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa RKA-K/L yang disusun telah sesuai dengan Alokasi kebutuhan dan Postur RKA-K/L serta kaidah-kaidah penyusunan program dan anggaran yang dilengkapi dengan data pendukung penyusunan anggaran.

Dalam sambutannya Plh. Plt Kakanwil (Sucipto) menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan dokumen tersebut, seperti : berpedoman pada pagu indikatif, Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah dan UPT diharapkan telah dapat menyusun rencana kerja dan anggaran secara akuntabel dan efektif guna menghasilkan atau mencapai tingkat kinerja tertentu. Keberhasilan dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran yang terintegrasi dalam Aplikasi RKA-K/L tidak hanya membutuhkan keahlian dalam merencanakan suatu kegiatan.


Lebih lanjut, Sucipto menekankan kepada para peserta kegiatan untuk mengikuti dan memperhatikan dengan serius materi atau arahan dari para Narasumber agar dapat menghasilkan penyusunan RKA-K/L Tahun 2020 yang berkualitas berdasarkan kebutuhan prioritas dan tentunya sejalan dengan program prioritas Kementerian, serta tidak keluar dari Postur Anggaran yang ada dengan tetap berpedoman pada aturan yang ada.

“Melalui kegiatan ini, saya harap kita bersama-sama dapat mengindentifikasi berbagai masalah yang dihadapi termasuk masalah dalam penyusunan disbursement plan, procurement plan, dan anggaran yang diterima bisa dikelola dengan sebaik-baiknya, karena itu anggaran harus dibahas dan diteliti secara cermat, juga selalu melakukan koordinasi dan konsultasi agar dalam penyusunan anggaran bisa benar-benar matang sehingga tidak ada lagi revisi – revisi” tandasnya.

Selanjutnya dalam kegiatan ini para peserta / Operator RKA-K/L baik dari Divisi kantor wilayah dan Satuan Kerja memperoleh pendampingan dari Biro Perencanaan Sekertariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI dan Direktorat Jenderal AHU. (Red-dok, Humas Kalteng, Aug ’19).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook