Hindari Covid-19, Lapas Palangka Raya Kembali Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 16 Mei 2020 17:10, Dibaca 173 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya, maka dilakukan kembali penyemprotan disinfektan secara rutin di area blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan dan kantor Lapas Palangka Raya, Sabtu (16/5/2020).

Kegiatan kali ini dipantau oleh dua orang petugas tim medis Lapas Palangka Raya dengan mengarahkan secara langsung beberapa WBP untuk melakukan penyemprotan. Selain itu, petugas juga mengecek kebersihan dan kerapian kamar hunian WBP.

(Baca Juga : Proses Usulan Pb, Keluarga Penjamin Dan Wbp Wajib Diberi Arahan Serta Tanggungjawab)

Hal ini merupakan salah satu upaya dalam proses dekontaminasi membunuh mikroorganisme dan virus bakteri pada objek permukaan benda mati seperti jeruji sel, kursi, lemari, meja, gagang pintu, etalase, wastafel dan lain-lain.

Cairan disinfektan hanya bersifat sementara. Oleh karena itu, akan cepat hilang dan tidak akan melindungi seseorang dari virus jika melakukan kontak dengan orang yang sedang sakit.

Salah satu petugas tim medis Lapas Palangka Raya, Fitrah, menjelaskan bahwa kegiatan ini akan selalu rutin dilakukan demi mencegah Covid-19 masuk ke dalam Lapas Palangka Raya. "Jadi, kegiatan penyemprotan ini akan selalu dilakukan secara rutin agar pegawai maupun WBP tidak terkena virus corona. Apalagi disinfektan sifatnya sementara jadi harus dilakukan berulang kali agar efektif," jelas Fitrah.

Dengan berbagai upaya yang rutin dilakukan seperti pengecekan kebersihan dan penyemprotan disinfektan pada seluruh area blok hunian WBP serta kantor ini, diharapkan Lapas Palangka Raya dapat terbebas dari Covid-19. (Red-dok, Humas Kalteng, Mei 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook