Terkait Pemilu Serentak 2019, KPU Kotim Lakukan Sosialisasi Pemilu di Lapas Kelas II B Sampit

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 25 Februari 2019 17:26, Dibaca 530 kali.


Sampit- Dalam rangka mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu)  serentak pada 17 April 2019 nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan sosialisasi lebih luas dengan berbagai strategi sosialisasi. Sehubungan dengan hal tersebut KPU Kabupaten Kotawaringin Timur melalui relawan demokrasi melaksanakan sosialisasi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sampit, Senin (25/02).

Terkait kegiatan sosialisasi yang dilakukan, Plh. Kepala Lapas Sampit (Suhaimi) menyambut baik atas inisiatif pihak KPU Kotim yang dalam rencananya menjadikan Lapas Sampit menjadi salah satu tujuan diadakannya sosialisasi terkait Pemilu Serentak 2019.

(Baca Juga : Laksanakan Apel Pagi, Kalapas Sukamara Ingatkan Jajarannya)

Terasa sangat penting sekali karena dengan adanya sosialisasi kepada warga binaan di diharapkan menjadi satu pencerahan bagi mereka mengingat sangat terbatas informasi yang mereka dapatkan karena  sedang dalam pembinaan di Lapas. Selain itu menurut Plh. Kalapas kegiatan ini juga sebagai salah satu pemenuhan hak asasi manusia terhadap WBP yakni pemenuhan hak akan berpolitik menyampaikan aspirasinya pada pemilu April 2019 mendatang.

Sementara Pihka KPU Kotim dalam penyampaiannya menjelaskan beberapa hal terkait pelaksanaan Pemilu, di antaranya tentang pentingnya pemilu, jadwal tanggal, hari, dan waktu pelaksanaan serta tata cara pencoblosan, Surat Suara di TPS, termasuk juga jenis surat suara yang diperoleh pemilih.

Dijelaskan juga bahwa pemilih di Lapas ataupun Rutan masuk dalam kategori pemilih DPTb (Daftar Pemilih Tambahan). Sebab warga binaan di Lapas/Rutan ini bukan warga setempat dan surat suara yang diperoleh juga belum tentu lima surat suara, karena tergantung dari asal daerah domisili warga binaan

Pihak KPU juga mengajak kepada seluruh Warga Binaan untuk tidak Golput dalam Pemilu April mendatang karena Suara kita menentukan nasib Indonesia 5 tahun kedepan. Selain itu, pihak KPU juga menjelaskan untuk tidak masuk dalam ajakan politik Uang dan Sara.

Selama kegiatan Sosialisasi yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga 10.30 WIB berjalan aman, tertib dan lancar, dimana para WBP sangat antusias mendengarkan arahan petugas KPU terkait Pemilu serentak 2019. (Red-dok. Pirhan, Roy, Mey, Humas Kalteng Feb.19).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook