Kanwil Kemenkumham Kalteng Laksanakan Muswil Dan Pembentukan Pengurus IPKEMINDO

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 20 Februari 2019 18:13, Dibaca 37 kali.


MMCKalteng – Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah hari ini mengumpulkan seluruh Pembimbing Kemasyarakatan (PK) yang ada pada Balai Pemasyarakatan (Bapas) di Provinsi Kalimantan Tengah yakni Bapas Kelas II Palangka Raya, Bapas Kelas II Muara Teweh dan Bapas Kelas II Pangkalan Bun dalam rangka melaksanakan Musyawarah Wilayah (Muswil) sekaligus Pembentukan Pengurus Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia (IPKEMINDO) bertempat di Aula Kantor Wilayah Jalan Adonis Samad Palangka Raya, Rabu (20/02).

Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan Pemasyarakatan, Pengentasan Anak, Informasi dan Komunikasi Jevius J. Siathen selaku Ketua Panitia Penyelenggara dalam Laporannya mengatakan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membangun satu komitmen bersama Insan Pembimbing Kemasyarakatan yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah dalam satu organisasi sehingga dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya berorientasi pada kepentingan masyarakat dan anggotanya. 

(Baca Juga : Jajaran Kanwil Kemenkumham Kalteng diberikan pembinaan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP))

Sementara Kepala Kantor Wilayah Juliasman Purba membuka kegiatan ini secara resmi. Dalam sambutannya Kakanwil mengatakan bahwa IPKEMINDO merupakan satu organisasi yang diharapkan mampu dan bisa memperkuat posisi PK Bapas dan peranannya dimasyarakat. Dengan adanya organisasi ini tentu akan menambah semangat, kepedulian dan kebersamaan diantara sesama PK Bapas. 

Dijelaskannya latar belakang dibentuknya organisasi IPKEMINDO ini tentang bagaimana nanti seorang petugas PK Bapas menjadi suatu profesi yang sangat disegani. Jadi dalam rangka mewujudkan hal tersebut  maka dibentuklah organisasi ini agar mendapat perhatian dimasyarakat dan adanya peningkatan tingkat pendapatan petugas. 

Kakanwil berharap, dari hasil Muswil ini diharapkan ada hasil yang bisa membawa arah kebijakan bagi seorang PK Bapas terutama dalam melaksanakan tugasnya di lingkup Provinsi Kalimantan Tengah, selain sebagai bahan masukan bagi Direktorat jenderal Pemasyarakatan dalam rangka penyusunan peningkatan kualitas kompetensi seorang PK Bapas. 

Sehingga nanti pada akhirnya PK Bapas menjadi sebuah profesi yang sangat strategis baik dalam hal Jabatan disegani masyarakat begitu juga dengan tunjangan profesi yang diperoleh lebih baik dari sebelumnya. Sehingga kedepan juga tidak menutup kemungkinan akan muncul pula organisasi yang melindungi organisasi PK Bapas seperti misalnya Majelis Kehormatan Kode Etik PK Bapas atau pun lainnya, ucap Kakanwil. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Feb 2019).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook