KPU Perlu Meningkatkan Sosialisasi

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 13 Januari 2019 23:25, Dibaca 364 kali.


MMCKalteng– Anggota Komisi A DPRD Kalteng Anderiansyah mengatakan, sosialisasi sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mempergunakan hak pilihnya. Sosialisasi tidak hanya dilakukan oleh kalangan komisi pemilihan umum (KPU), tapi juga peserta pemilu dalam hal ini partai politik.

Setiap peserta pemilu, lanjut Anderiansyah, tentu ingin partainya dikenal masyarakat dan dipilih, sehingga menjadi pemenang. Untuk dikenal, dan dipilih masyarakat berbagai upaya dilakukan, salah satunya adalah pemasangan alat peraga kampanye (APK).

(Baca Juga : Disdukcapil Seruyan Terbaik di Kalteng)

Menurutnya, UU memang mengatur dalam hal pemasangan APK, namun ini juga menjadi perhatian KPU dan Bawaslu untuk dapat melakukan pengawasan dengan sebaik mungkin atas APK yang dipasanga.

“Semua APK yang dipasang, harus taat aturan sesuai yang sudah tertuang dalam Undang-Undang, maupun PKPU, dan peraturan Bawaslu. Pemilu ini, tidak mengabaikan azas maupun aturan, jika memang terdapat salah satu peserta pemilu yang melanggar ketentuan harus ditertibkan. Salah satu  yang sedang terjadi saat ini ialah pemasangan APK seperti baliho,” kata Anderiansyah belum lama ini.

Dia lanjutkan, KPU harus menjalankan ketentuan yang sudah ditentukan oleh Undang-Undang dalam melaksanakan proses Pemilu. Bawaslu juga diharapkan tidak tebang pilih dalam melakukan pengawasan dan penindakan. Jika memang APK itu melanggar aturan tentunya harus ditertibkan, siapapun pesertanya jangan tebang pilih.

DPRD Kalteng, kata dia, mendukung dengan ketentuan terkait adanya titik-titik pemasangan APK serta langkah tegas Bawaslu terkait penertiban APK yang tidak sesuai aturan. kepada peserta Pemilu agar tidak melanggar ketentuan yang sudah tertuang baik itu dalam Peraturan KPU (PKPU), peratruan Bawaslu atau peratuan lain yang terkait. Harapannya, proses dan pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan lancar.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook