Pemberantasan Korupsi Jangan Sekedar Komitmen

Kontribusi dari Iin Carolina, 11 Desember 2018 10:31, Dibaca 337 kali.


MMCKalteng - Untuk menciptakan tata kelola pemerintah daerah yang baik, bersih, transparan dan akuntabel maka tidak hanya cukup sekedar komitmen yang diwujudkan dalam bentuk lisan atau tulisan, namun aksi penerapan menjadi salah satu hal terpenting dilakukan untuk bersih serta bebas dari korupsi kolusi dan nepotisme.

Penegasan tersebut disampaikan Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin usai menghadiri upacara memperingati hari anti-korupsi Internasional di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Palangka Raya, Senin (10/12/2018).

(Baca Juga : Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph Meresmikan Jembatan Penghubung Antar Kecamatan )

Menurut Fairid, peringatan hari anti korupsi Internasional yang diperingati setiap tanggal 9 desember tentu semuanya untuk membentuk komitmen disemua  jajaran pemerintah daerah, termasuk Pemerintah Kota Palangka Raya bersama dengan semua jajaran terkaitnya. Yakni OPD maupun Forkopimda.

"Seperti upacara peringatan harih anti korupsi ini, yang menunjukan semua perangkat daerah berkomitmen untuk itu, Tapi terpenting setelah komitmen ini adalah penerapannya," tegas Fairid.

Dikatakan membentuk pemerintahan yang tranparansi dan akuntabel telah dilakukan pemerintah melalui penguatan Integritas yaitu lewat berbagai program strategis. Seperti program e-Monitoring, e-Budgeting, e-Planning dan program lainnya yang bertujuan dalam rangka pencegahan KKN dan penyalahgunaan wewenang sehingga membentuk pemerintahan yang bersih.

"Program strategis ini menuntun semua pemerintah daerah untuk membangun transparansi serta penguatan Integritas," ujarnya.

Sementara ditanya terkait dengan surat keputusan bersama (SKB) antara Mendagri, MenPAN-RB dan Kepala Kepegawaian Nasional (BKN), yang bakal memecat sebanyak 2.357 ASN yang berstatus kuroptor di Indonesia pada media Desember tahun ini. Menurut Fairid, untuk nasib ASN lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya yang berstatus kuroptor, maka dirinya tetap berpegang menjalankan komitmen serta aturan yang ditetapkan. Termasuk berkaitan dengan SKB tersebut.

"Kita tetap melakukan penegakan aturan. Termasuk adanya SKB pemberhentian, maka keputusan itu tentu kita akan tindaklanjuti," pungkasnya.

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook