Pentingnya Pengelolaan Sampah di Perkotaan

Kontribusi dari Rikah Mustika, 19 November 2018 18:49, Dibaca 378 kali.


MMCKalteng-Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar acara Dialog Interaktif dengan Tema “Tata Kelola Sampah di Perkotaan” di Stasiun TVRI Kalimantan Tengah, Senin (19/11). Acara tersebut berlangsung selama 1 jam sejak pukul 3 sore, juga live di Instagram dan Youtube Diskominfo Provinsi Kalimantan Tengah.

Imbang Triadmaji, Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya selaku narasumber menjelaskan bahwa saat ini sudah ada aturan untuk waktu pembuangan sampah yaitu diatas jam 4 sore hingga jam 7 pagi. Hal itu dilakukan agar Kota Palangka Raya bebas dari bau sampah.

(Baca Juga : Dinas Kominfo Mengadakan Acara Dialog Interaktif Dengan Tema Penerimaan Peserta Didik Baru)

“Saat ini sudah ada 120 TPS dengan 21 armada. Harapannya masyarakat bisa tertib buang sampah di tempatnya dan taati jam buang sampah” ucapnya.

Narasumber lain yaitu Marwati Sukwatini, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah mengatakan bahwa pengelolaan sampah bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan lingkungan hidup. Sampah dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu sampah rumah tangga, sampah organik/anorganik, dan sampah spesifik (limbah berbahaya dan beracun).

“Sampah beracun lebih banyak berasal dari sampah rumah tangga seperti baterai, yang tidak boleh dibuang di lingkungan dan harus dikemas sendiri” ucapnya.

Beliau berharap tidak ada lagi penggunaan kemasan-kemasan plastik kedepannya, sebab sampah plastik yang termakan oleh ikan dan dikonsumsi oleh manusia maka akan menjadi racun di dalam tubuh.

“Nanti akan diadakan Hari Peduli Sampah yang diisi dengan memungut sampah dan memilah sampah tersebut organik/anorganik” ungkapnya. (Rikah / Foto: Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook