Kasi Kemitraan Diskominfo Kalteng Hadiri Acara Pemberian Anugerah Kebudayaan Indonesia Tahun 2020

Kontribusi dari Widia Natalia, 10 Desember 2020 17:22, Dibaca 170 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kepala Seksi Kemitraan, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DiskominfoSantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Elyanie mewakili Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng Agus Siswadi menghadiri acara Pemberian Anugerah Kebudayaan Indonesia Tahun 2020, bertempat di Aula Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng, Kamis (10/12/2020). Dalam hal ini, Prov. Kalteng merupakan salah satu Provinsi yang mendapatkan apresiasi untuk menerima penghargaan untuk Kategori Maestro Seni Tradisi.

Penganugerahan Maestro Seni Tradisi diberikan kepada Kusni Sulang. Kusni Sulang ditetapkan sebagai penerima Anugerah Kebudayaan kategori Maestro Seni Tradisi Tahun 2020 karena dedikasi serta komitmen dalam membangun Sekolah Budaya Dayak. Kusni Sulang sebagai Penerima Anugrah Kebudayaan Indonesia Bidang Keahlian Pemelihara Adat Dayak Tahun 2020 dari Prov. Kalteng.

(Baca Juga : Dinas Kominfo dan Dinas Perhubungan Gelar Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73)

Anugerah Kebudayaan Indonesia merupakan apresiasi bidang kebudayaan kepada perorangan, komunitas dan lembaga yang memiliki komitmen tiada henti dalam upaya pelestarian dan pengembangan Kebudayaan Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberikan penghargaan ini kepada 33 penerima yang terdiri dari 6 kategori yaitu Pelestari, Pencipta dan Pelopor, Maestro Seni Tradisi, Anak dan Remaja serta Pemerintah Daerah.

Para penerima penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia tersebut, sebelumnya telah melewati beberapa tahapan diantaranya tahap seleksi baik administrasi maupun substansi, visitasi dan verifikasi lapangan dengan melihat kesesuian kriteria, keistimewaan karya, intensitas dan konsistensi bidang keahlian yang ditekuni.

Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng Guntur Talajan dalam Sambutannya menyampaikan dukungannya serta mengapresiasi kegiatan Anugerah Kebudayaan Indonesia yang diselenggarakan oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI terhadap pelaku Budaya di Kalteng.

“Saya Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam hal ini sangat mendukung dan berterimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh pihak  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terhadap pelaku Budaya di Kalimantan Tengah, dalam hal ini Anugerah Kebudayaan yang diberikan kepada Bapak Kusni Sulang, selaku pemelihara adat Dayak”, tutur Guntur Talajan.

Guntur Talajan berharap agar acara-acara penghargaan tidak hanya dimanfaatkan sebagai bentuk penyandaran akan arti pentingnya pelestarian budaya, yang dilanjutkan dengan pengembangan dan pemanfaatannya.

Turut hadir Pejabat Eselon III dan seluruh Pegawai di Lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng serta para tamu undangan.(WDY/Foto:Ely)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook