Dinas Kominfo Mengadakan Acara Dialog Interaktif Dengan Tema Penerimaan Peserta Didik Baru

Kontribusi dari Rikah Mustika, 20 Juli 2018 16:25, Dibaca 1,580 kali.


Dinas Komunikasi,Informatika,Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan acara dialog interaktif melalui siaran TVRI Kalteng dengan tema Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Jumat (20/7). Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Drs. Rudi Listianto selaku narasumber mengatakan "Kami menangani PAUD, SD, dan SMP. Untuk SD umurnya minimal 7 tahun, dibawah umur tersebut menjadi urutan dibawahnya. Untuk SMP, sistem zonasi sebanyak 85% yang terdiri dari peserta didik tidak mampu atau pra sejahtera dan kemampuan akademik maupun non akademik. Sedangkan dari hasil seleksi sebanyak 60% yang terdiri dari tes dasar dan tes tertulis," ujarnya

Saat ini ada 6 SMP yang diprioritaskan yaitu SMP 1, SMP 2, SMP 3, SMP 6, SMP 8, dan SMP 9, karena sekolah-sekolah tersebut lebih besar peminatnya dan ingin adanya transparansi.

(Baca Juga : Serah Terma Jabatan Eselon III dan IV di Lingkungan Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah)

Beliau juga menambahkan "Di zonasi agak sulit untuk peserta didik yang ada diluar Palangka Raya, karena adanya aturan batas jarak dari rumah ke sekolah. Saat ini juga diupayakan adanya penambahan ruang kelas baru, terutama yang ada di Pahandut karena tingginya peminat sekolah disana. Pemda mengupayakan agar siswa-siswa tersebut tidak putus sekolah,"

Rudi menjelaskan tes akademik langsung discan menggunakan alat yang ada di MTSN 1 dan hasil tes tersebut dikembalikan ke sekolah, sehingga sekolah tersebut yang akan menentukan hasil akhirnya.

"Kurikulum yang digunakan di tahun 2018 masih menggunakan kurikulum 2013, saat ini pelaksanaannya yang dimulai dari kelas 1 baru 18 sekolah yang menggunakannya," Imbuhnya.

Disesi terakhir, beliau berharap adanya peran serta masyarakat untuk memahami kondisi pemerintah daerah yang dibatasi oleh petunjuk dan aturan yang ada. (Rikah / Foto : Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook