Kemenag Kalteng Pacu Pensertifikatan Tanah Wakaf

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 03 Agustus 2021 13:48, Dibaca 91 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kalteng melalui Bidang Bimas Islam terus memacu proses sertifikasi tanah wakaf di sejumlah daerah. Salah satu caranya adalah dengan memastikan kesigapan KUA Kecamatan dalam memasukkan data tanah wakaf ke dalam aplikasi Sistem Informasi Wakaf (Siwak).

Kabid Bimas Islam H. Ardiansyah melalui Kasi Pemberdayaan Zakat Wakaf Muhammad Marzuki menjelaskan, pihaknya terus melakukan validasi dan memastikan kelengkapan berkas sertifikasi tanah wakaf yang akan diusulkan dalam program percepatan sertifikasi tanah wakaf. Program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) menjadi peluang istimewa bagi sertifikasi tanah wakaf.

(Baca Juga : Terjun Kemasyarakat, Kalapas Narkotika Kasongan Lakukan Giat Jumat Bersih Bersama TNI dan POLRI)

“Dirjen Bimas Islam Kemenag RI sendiri melalui surat Nomor B.2144/DJ.III/Set.III/1/HM.00/04/2021 tanggal 27 Juni 2021 meminta Kantor Wilayah Kementerian Agama mempercepat sertifikasi tanah wakaf,” kata Muhammad Marzuki, Selasa (3/8/2021) di Palangka Raya.

Salah satu yang menjadi perhatian Muhammad Marzuki adalah adanya 27 aset tanah wakaf di lingkungan KUA Kecamatan Jekan Raya yang belum disertifikasi. Dia mengaku akan selalu mendorong seluruh pihak terkait untuk segera melengkapi berkas yang kurang sehingga pada saatnya dapat dilakukan sertifikasi tanah wakaf melalui program PTSL.

"Harapan saya sebelum tanggal 17 Agustus 2021, waktu tenggat yang diberikan pusat, seluruh dokumen sudah lengkap dan sudah pula diinput di aplikasi Siwak," tambahnya.  

Marzuki juga mengapresiasi kesigapan Kepala KUA Jekan Raya dan pelaksanaannya dalam menindaklanjuti kekurangan berkas dengan menghubungi pihak terkait. Dari hasil pengembangan di lapangan ternyata masih ditemukan beberapa tanah wakaf yang belum dibuat akta ikrar wakafnya dan belum dilaporkan ke KUA Jekan Raya.

“Ini PR besar, saya harap dapat ditindaklanjuti secepatnya, siapa tahu sempat dimasukkan ke daftar sertifikasi tanah wakaf," harap Marzuki. (Harmini)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook