Kakanwil Kemenag Kalteng Rela Lewati Ribuan Kilometer Demi Sebarkan Moderasi Beragama

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 23 Juni 2021 09:53, Dibaca 200 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah, H. Abd. Rasyid sejak Minggu (20/6/2021) sampai Rabu (23/6/2021) melakukan perjalanan menyambangi 3 kabupaten. Masing-masing kabupaten itu adalah Barito Selatan, Murung Raya, dan Gunung Mas.

Jika diukur dari Palangka Raya, jarak tempuh H. Abd. Rasyid selama hadir di ketiga daerah itu mencapai tidak kurang dari 1000 kilometer. Di masing-masing kabupaten, H. Abd. Rasyid memaparkan moderasi beragama kepada para tokoh agama dan aparatur Kemenag setempat.

(Baca Juga : Lapas Sukamara Berikan Pelajaran Baca, Tulis, Hitung Kepada WBP)

Di Kabupaten Barito Selatan, H. Abd. Rasyid hadir dalam dialog moderasi beragama di aula Kantor Kemenag Barito Selatan. Di depan puluhan tokoh agama, wartawan, dan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama, H. Abd. Rasyid memaparkan pentingnya moderasi beragama.

Dia pun menyinggung soal peran tokoh agama dalam penyebaran moderasi beragama. H. Abd. Rasyid meminta para tokoh bisa mendorong umat beragama setempat menjadi umat yang moderat, tidak berlebih-lebihan.

“Dan Duta Moderasi Beragama Kabupaten Barito Selatan saya harapkan bisa menjadi bagian penting dalam kampanye moderasi beragama ini,” ujarnya.


Usai hadir di Barito Selatan, pada Selasa (22/6/2021) Kakanwil H. Abd. Rasyid memenuhi undangan aparatur Kemenag di Kecamatan Laung Tuhup, Kabupaten Murung Raya. Perjalanan menuju lokasi kegiatan ditempuh dalam jarak tidak kurang dari 600 kilometer.

Di depan aparatur MIN 2, MTsN 2, MAN 2, dan KUA Kecamatan Laung Tuhup, H. Abd. Rasyid pun menyelipkan pesan moderasi beragama. Mantan Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara ini meminta jajaran Kemenag di Laung Tuhup tidak hanya menyampaikan secara lisan tentang moderasi beragama, namun memberikan contoh nyata kepada masyarakat.

“Berikan contoh yang nyata. Misalnya, beda dalam amaliyah ibadah, ya biar saja. Yang penting saling menghormati, tidak perlu saling menyalahkan,” tegasnya.

Rangkaian terakhir kampanye moderasi beragama oleh Kakanwil H. Abd. Rasyid adalah di Kantor Kemenag Kabupaten Gunung Mas. Perjalanan dari Murung Raya ke Gunung Mas melewati ruas jalan sepanjang 300 kilometer lebih, melalui wilayah yang biasa disebut masyarakat setempat Sei Hanyo.

Di aula Kantor Kemenag Gunung Mas, Rabu (23/6/2021), H. Abd. Rasyid juga menyampaikan soal moderasi beragama di depan peserta dialog tokoh agama. Menurutnya, moderasi beragama akan menghantarkan umat beragama menjadi pribadi yang bisa menerima adanya perbedaan.

“Yang dimoderatkan bukan agamanya, karena agama itu sudah moderat. Yang dimoderatkan adalah sikap beragamanya,” beber H. Abd. Rasyid.

“Untuk memiliki sikap moderat, semua umat beragama memerlukan pemahaman agama yang utuh. Ini menjadi kewajiban kita semua untuk memberikan pengetahuan agama secara baik dan benar,” imbuhnya.

Di Gunung Mas sendiri H. Abd. Rasyid mengukuhkan Duta Moderasi Beragama. Mereka merupakan tokoh agama daerah setempat. Dalam perjalanan itu, H. Abd. Rasyid turut didampingi Plt. Kabid Pendidikan Madrasah H. Hasbullah, Kasubbag Ortala dan KUB H. Ismail Marjuki, dan Kasubbag Umum dan Humas Gondo Utomo.

Usai hadir di Kemenag Gunung Mas, Kakanwil H. Abd. Rasyid kembali ke Palangka Raya. Setelah menempuh perjalanan sejauh 157 kilometer dari Kuala Kurun, H. Abd. Rasyid mengaku gembira dapat bertemu tokoh agama dan pegawai Kemenag untuk memperkuat moderasi beragama di Kalimantan Tengah. (Maturidi/Ispurwanto)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook