Keadilan Literasi di Hari Lahir Pancasila

Kontribusi dari Widia Natalia, 01 Juni 2021 19:04, Dibaca 14 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah turut mendukung Gerakan Sembako Buku yang diinisiasi oleh Duta Baca Indonesia 2021 – 2025, Gol A Gong dengan berbagi buku kepada masyarakat yang mungkin minim akses terhadap buku.

Gerakan ini menurut Gol A Gong untuk merayakan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan nyata.

(Baca Juga : Siswa SMA Negeri 1 Palangka Raya Ikuti Penilaian Akhir Semester di Rumah, Orang Tua Siswa Merasa Puas Terhadap Pelayanan Sekolah)

“Paling tidak ada dua sila yang bisa kita terapkan dengan adanya sembako buku ini, yaitu sila ketiga Persatuan Indonesia dan sila kelima Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” Jelas Duta Baca yang baru dua bulan dilantik oleh Perpustakaan Nasional RI.

Di Provinsi Kalimantan Tengah, Dispursip Prov. Kalteng melalui Plt. Sekretaris Arthur Mukkun dan Kabid Layanan Kuntep Berkat Asi pada Senin 31 Mei 2021 sudah mengawali gerakan ini dengan berbagi buku kepada beberapa pedagang gorengan di sekitar perpustakaan Provinsi Kalteng, Jalan AIS Nasution Nomor 11, Palangka Raya. Puluhan Komunitas dan relawan berkumpul di Halaman Perpustakaan Kalteng, pada Selasa 1 Juni 2021 pagi, sebelum melakukan aksi berbagi buku di empat titik lokasi yang ditentukan bersama yaitu, Pasar Kahayan, Pasar Besar, Flamboyan Bawah dan Pelabuhan Rambang. Selain di Kota Palangka Raya, Kegiatan ini di Kalteng juga serentak dilakukan di Pangkalan Bun, Seruyan dan Kota Sampit.

Gerakan ini diharapkan dapat menjadi embrio inspirasi untuk masyarakat Kalimantan Tengah menjadikan berbagi literasi sebagai sebuah gaya hidup modern, dan saling mendukung meningkatkan literasi di Kalimantan Tengah.(Sumber: Dispursip Kalteng)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook