MKKS SMA/MA Kota Palangka Raya Lakukan Pendampingan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Berbasis Komputer

Kontribusi dari Rikah Mustika, 10 Februari 2020 17:36, Dibaca 418 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA kota Palangka Raya melakukan pertemuan rutin dan pendampingan  penyusunan soal Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) SMA/MA. Kegiatan ini diikuti oleh para pengurus MGMP SMA/MA se-Kota Palangka Raya yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palangka Raya, Senin (10/2/2020).

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Kota Palangka Raya Drs. H. Arbusin pada sambutannya menyampaikan bahwa, pendampingan penyusunan soal Ujian Sekolah Berbasis Komputer  (USBK) adalah salah satu upaya dari MKKS dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, khususnya sekolah. Dari kegiatan ini nanti diharapkan soal yang diuji pada USBK Tahun Pelajaran 2019/2020, betul-betul merupakan  soal yang sudah memenuhi kriteria  sebagai soal USBK yang baik.

(Baca Juga : Hari Pertama PAS Berbasis Android di SMAN 1 Palangka Raya Terlaksana Dengan Baik, Tertib, dan Lancar)

 “Kegiatan pendampingan oleh pihak MKKS dalam penyusunan soal Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) sebagai upaya dari pihak MKKS memberikan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, khususnya sekolah. Jadi dengan adanya pendampingan ini, soal-soal Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) yang disusun MGMP SMA/MA Kota Palangka Raya merupakan soal USBK yang berkualitas atau sudah memenuhi kriteria yang standar,” ungkapnya.


Di tempat terpisah, Sekretasi MKKS selaku narasumber, Adriansyah, S. Pd., M. Pd., menyampaikan, Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) merupakan bentuk penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik.

“Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) merupakan salah satu bentuk penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. Kita berupaya soal-soal yang diuji nanti mencakup soal berbentuk Higher Order Thinking Skills (HOTS).  Oleh karena itu, dalam penyusunan soal pun harus memenuhi syarat instrumen yang baik sehingga memberikan informasi yang valid dan objektif.  Hal ini berdasarkan pada kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada kurikulum yang berlaku.” tegasnya.

Kepala SMA Negeri 6 Palangka Raya ini juga menyampaikan bahwa setiap kelompok MGMP SMA/MA Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah mengirim soal yang telah disusun ke aplikasi bank soal. Selanjutnya soal-soal tersebut akan divalidasi oleh tim yang dibentuk oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. Soal yang sudah divalidasi tersebut akan digunakan pada USBK yang pelaksanaannya diperkirakan pada tanggal 11-18 April 2020. Paket soal yang akan disiapkan sebanyak 2 paket, yakni Paket Utama dan Paket Susulan.

Dalam kegiatan pendampingan penyusunan soal USBK oleh MKKS, para peserta MGMP juga dilatih untuk membuat soal ujian sekolah secara elektronik dan dikumpulkan ke bank soal. Hal ini diungkapkan oleh narasumber dari Diknas Provinsi Kalimantan Tengah, Aryadi Gunawan.

“Saya berharap kawan-kawan dari MGMP semua memiliki keterampilan membuat soal ujian sekolah secara elektronik. Kemampuan ini bukan hanya bermanfaat untuk USBK tapi juga untuk pembuatan soal pada Penilaian Akhir Semester (PAS) berbasis Android,” imbuhnya.

Selama kegiatan MKKS dan pendampingan pembuatan soal USBK, dari tanggal 10-11 Februari 2020, semua peserta tampak antusias bekerja dan berdiskusi. Hal ini mengingat betapa besar tanggung jawab yang diemban  mereka dalam mempersiapkan soal USBK tahun 2020 ini. Para peserta MGMP sangat berharap pertemuan semacam ini akan terus berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi para guru dalam mengolah soal ulangan maupun ujian selanjutnya. (Anw)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook