PPDB Tahun Ajaran 2020/2021 di SMA Negeri 1 Palangka Raya Dengan Moda Daring Terlaksana Dengan Baik

Kontribusi dari Rikah Mustika, 10 Juni 2020 11:00, Dibaca 322 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kegiatan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Tahun Ajaran 2020/2021 di SMA Negeri 1 Palangka Raya dengan moda daring pada hari pertama dan kedua dapat terlaksana dengan baik, aman, tertib dan lancar. Hal itu disampaikan oleh Kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin, di ruang kerjanya, Selasa (9/6/2020). 

“Alhamdulillah, kegiatan PPDB Tahun Ajaran 2020/2021 dengan moda daring sejak hari pertama dan kedua di SMA Negeri 1 Palangka Raya dapat dilaksanakan dengan baik, aman,  tertib dan lancar. Kita berharap semoga kondisi ini berlangsung sampai akhir proses PPDB tahun ini. Memang pada hari kedua ada kendala. Kendala ini yakni adanya gangguan jaringan internet dari pihak operator Telkomsel. Kejadian ini terjadi dari pagi sampai pukul 11.30 WIB. Kendala ini dialami oleh semua warga masyarakat di kota Palangka Raya. Setelah jaringan internet lancar semua kegiatan PPDB di SMA Negeri 1 Palangka Raya berlangsung dengan baik,” kata beliau.

(Baca Juga : Terus Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Arsip Lakukan 34 Kerja Sama Kemitraan)

Selanjutnya,  Kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya ini juga menyampaikan bahwa berdasarkan kesepakatan antara para kepala sekolah dan operator Dinas Pendidikan Provinsi yang disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, yakni untuk hari ke-3 kegiatan PPDB akan ada penambahan waktu kerja panitia PPDB sekolah. Kegiatan akan dimulai dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 20.30 WIB. Penambahan waktu kerja para panitia PPDB sekolah ini merupakan dampak dari kejadian terkendalanya jaringan internet pada hari kedua.  Semoga dengan penambahan waktu kerja ini pelayanan panitia PPDB dapat dilakukan secara maksimal dalam melayani masyarakat.

Seperti kita ketahui bahwa dalam kondisi pandemi Covid-19 semua kegiatan yang melibatkan khalayak ramai atau pengumpulan masyarakat sangat dilarang oleh pemerintah karena dapat menyebabkan penyebaran virus corona yang lebih luas. Dengan demikian untuk kegiatan PPDB di SMA Negeri 1 Palangka Raya juga membatasi kerumunan masa, sehingga pendaftaran calon peserta didik baru menggunakan moda daring.

“Kegiatan PPDB di SMA Negeri 1 Palangka Raya pada tahun ini menggunakan moda daring. Hal ini kami lakukan sesuai petunjuk dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah dan juga berkaitan dengan dampak penyebaran pandemi covid-19. Jadi calon peserta didik baru mendaftar secara daring dan tidak diperkenankan datang langsung ke sekolah. Para operator sudah kita berikan pembekalan agar ketika melaksanakan tugasnya tidak mengalami kendala,” imbuhnya.


Kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya ini juga menyampaikan bahwa kegiatan PPDB di SMA Negeri 1 Palangka Raya dikelola oleh panitia sekolah yakni sebanyak 32 orang. Panitia ini melibatkan unsur guru, pegawai Tata Usaha dan tenaga PTT. Pendaftaran PPDB di SMA Negeri 1 Palangka Raya dilaksanakan pada tanggal 8-11 Juni 2020. Pengumuman akan disampaikan pada tanggal 12 Juni 2020. Daftar ulang bagi calon peserta didik baru yang dinyatakan lulus akan dilaksanakan pada tanggal 13, 15, 16 dan 17 Juni 2020. Kuota calon peserta didik baru untuk SMA Negeri 1 Palangka Raya yang diterima sebanyak 384 orang siswa. Calon peserta didik baru ini diterima melalui sistem zonasi, afirmasi dan kepindahan orang tua. Semua syarat dan ketentuan ini berdasarkan petunjuk teknis dari pihak Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.

“SMA Negeri 1 Palangka Raya hanya menerima calon peserta didik baru yang memenuhi syarat yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. Memang banyak warga masyarakat yang merasa kecewa dengan sistem zonasi ini, tapi apa mau dikata, itu lah petunjuk teknis yang sudah ditetapkan. Kami hanya menjalankan ketentuan tersebut. Zona untuk SMA Negeri 1 Palangka Raya yakni meliputi seluruh kelurahan yang ada di kecamatan Pahandut,” katanya.

Di tempat terpisah, ketua  panitia PPDB SMA Negeri 1 Palangka Raya pada Tahun Ajaran 2020/2021, Riani, S. Pd., memberikan penjelasan ketika disinggung masalah pelaksanaan kegiatan PPDB di masa pandemi covid-19. Beliau menyampaikan bahwa selama kegiatan PPDB ini pihak panitia PPDB SMA Negeri 1 Palangka Raya menerapkan protokol kesehatan yang sesuai petunjuk dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Dengan menerapkan protokol kesehatan ini, diharapkan keamanan kesehatan pihak panitia dan masyarakat yang meminta informasi ke sekolah dapat dilaksanakan dengan baik.


“Pihak panitia PPDB SMA Negeri 1 Palangka Raya menerapkan Protokol Kesehatan. Kita sudah menyiapkan segala keperluan keamanan kesehatan tersebut untuk seluruh panitia. Kita menyiapkan alat pengukur suhu badan, larutan disinfektan, sanitizer, sarung tangan, masker dan tempat mencuci tangan dan sabun. Setiap tamu atau orang tua yang meminta informasi tentang PPDB kita ukur suhu tubuhnya dan tetap menjaga jarak,” katanya.

Kita sama-sama mengharapkan agar kegiatan PPDB tahun ini bisa terlaksana dengan baik, walau dengan kondisi pandemi covid-19 yang sangat meresahkan seluruh masyarakat. Semua apa yang kita lakukan adalah demi kemajuan bangsa ini, bangsa Indonesia yang kita cintai. Nasib bangsa ini tergantung pada generasi muda yang memiliki keunggulan karakter, cerdas dan terampil.  (An)

 

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook