Mari Budayakan Membaca

Kontribusi dari Ahmad Saifuddin, 17 Mei 2018 08:52, Dibaca 369 kali.


MMCKalteng – Hari Buku Nasional di peringati setiap tanggal 17 Mei, tanggal tersebut dipilih sebagai Hari Buku Nasional yang di ambil dari momentum peresmian Perpustakaan Nasional pada tahun 1980 silam.

Perpustakaan Nasional tersebut di resmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional RI pada masa itu, yaitu Bapak Abdul Malik Fajar pada tanggal 17 Mei 1980.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng : Permasalahan Sekolah di Kalteng harus tuntas)

Dikarenakan rendahnya minat baca disebabkan keberadaan internet juga turut mempengaruhi minat baca di Indonesia. Berdasarkan data Perpustakaan Nasional, pada tahun 2016, sebanyak 132,7 juta penduduk Indonesia tercatat sebagai pengguna internet.

Tujuan dari ditetapkannya Hari Buku Nasional adalah untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca khususnya masyarakat Indonesia. Selain itu, dengan adanya Hari Buku Nasional ini di harapkan dapat melestarikan budaya membaca buku serta meningkatkan penjualan buku. Seperti istilah yang sudah tak asing lagi, Buku Adalah Jendela Dunia, dengan banyaknya buku kita bisa menjelajah dunia, kita jadi banyak tahu.

Itulah sejarah Hari Buku Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 Mei, Selamat Hari Buku Nasional 2018, Ayo kita membaca buku !!! (sumber:net/foto:asef)

Ahmad Saifuddin

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook