MoU Kemenag dan Dukcapil Mudahkan Pengantin

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 25 Mei 2021 10:15, Dibaca 104 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palangka Raya belum lama tadi menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang dokumen kependudukan bagi pengantin yang baru melaksanakan akad nikah. Kerja sama itu memudahkan pasangan suami istri dalam memperoleh dokumen dengan status pernikahan terbarunya.

Kepala Kantor Kemenag Palangka Raya, Achmad Farichin, Selasa (25/5/2021) di kantornya menuturkan, MoU pihaknya dan Dukcapil memudahkan pengantin. Pasalnya, usai akad nikah pasangan suami istri yang menikah akan mendapatkan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga dengan status sebagai suami istri.

(Baca Juga : Lapas Muara Teweh Saksikan Live Streaming Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo)

“Jadi setelah menikah dengan pencatatan di KUA, maka pengantin baru itu akan mendapatkan KTP dan KK baru sebagai suami istri. Ini secara otomatis, tanpa harus mengurus lagi ke Dinas Dukcapil,” katanya.

Secara simbolis, penyerahan dokumen kependudukan bagi pengantin baru itu diserahkan oleh Achmad Farichin bersama Kepala Dinas Dukcapil H. Affandie, belum lama tadi. Pasangan yang beruntung dalam momen bersejarah itu adalah Irfan Dwi Jayanto bin Iriyanto dan Indah Putri Purwaningrum binti Budi Purnomo.

“Kami telah menyerahkan secara simbolis sebagai tanda realisasi dari MoU tersebut,” tambah Achmad Farichin.

Terpisah, Kepala Dinas Dukcapil Kota Palangka Raya, H. Affandie menjelaskan, dokumen administrasi kependudukan berupa buku dan kartu nikah serta KTP dan KK tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut kerja sama antara Dinas Dukcapil dengan Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya.

"Kerja sama ini merupakan inovasi Disdukcapil untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat," kata pria yang juga Ketua Lasqi Kota Palangka Raya ini.

"Jadi masyarakat yang ingin menikahkan putra putrinya tidak perlu repot lagi mengurus administrasi kependudukan ke kantor Disdukcapil, cukup mendaftarkan pernikahannya KUA dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan. Pihak Disdukcapil otomatis akan mencetak KTP dan KK kedua mempelai karena sudah ada kerja sama. Dan ini semua tanpa biaya alias gratis," lanjutnya lagi.

Saat itu, tambah H. Affandi, wali dari mempelai wanita, Budi Purnomo menyambut baik kemudahan pelayanan administrasi kependudukan yang diberikan oleh Kantor Kementerian Agama Kota dan Dinas Dukcapil Palangka Raya.

"Saya sangat berterimakasih atas segala kemudahan yang diberikan oleh Dinas Dukcapil. Ini sangat membantu dalam proses pemecahan KK serta pembuatan KTP yang baru," ucap Budi Purnomo seperti ditirukan H. Affandi. (Eka Arfantari/Ispurwanto)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook