Kakanwil Kemenag: Jangan Berniat Salahgunakan Wewenang

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 27 Mei 2021 14:47, Dibaca 119 kali.


MMCKalteng – Kotawaringin Timur - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, H. Abd. Rasyid meminta seluruh jajarannya untuk tidak memiliki niat sedikitpun dalam menyalahgunakan wewenang, termasuk niat penyalahgunaan wewenang oleh penghulu fungsional. Hal itu dikatakan H. Abd. Rasyid dalam sambutannya usai melantik 5 penghulu fungsional di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada Kamis (27/5/2021). Pelantikan dilakukan di aula Kankemenag setempat, di Jalan Kapten Mulyono, Sampit.

Menurutnya, tugas penghulu fungsional berkaitan dengan sah atau tidaknya status pasangan suami istri, sehingga para penghulu diminta untuk berhati-hati dan memastikan semua proses yang dilakukannya telah sesuai ketentuan agama maupun peraturan perundang-undangan. Selanjutnya, H. Abd. Rasyid juga meminta Kantor Kemenag Kotim untuk selalu melakukan monitoring atas pelaksanaan tugas penghulu. Jangan sampai muncul kemungkinan penyalahgunaan wewenang.

(Baca Juga : Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Rutan Kuala Kapuas Rajin Lakukan Razia)

“Jangan sampai ada oknum penghulu yang coba-coba salahgunakan wewenang,” tegas H. Abd. Rasyid.

Di beberapa daerah di provinsi lain, sebutnya, pernah diketahui terdapat oknum penghulu yang mencari keuntungan pribadi dengan wewenang yang dimilikinya. H. Abd. Rasyid berharap hal itu tidak terjadi di Kalimantan Tengah.

Dalam hal lain, mantan Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara ini memberikan tantangan kepada seluruh kepala KUA kecamatan di Kotawaringin Timur untuk segera menyesuaikan diri dengan target Kementerian Agama pusat dalam melakukan revitalisasi. Revitalisasi KUA kecamatan tak hanya soal pembangunan gedung, namun juga langkah peningkatan layanan dan fungsi KUA dalam pembinaan kehidupan keagamaan.

Sejumlah pejabat Kemenag menyaksikan pelantikan itu, diantaranya Plt. Kabid Bimas Islam H.M. Isnaini, Plt. Kepala Kankemenag H. Zainudin, dan beberapa kepala seksi. Nampak pula kepala KUA kecamatan, Kasubbag Umum dan Humas Gondo Utomo, serta Koordinator Subbagian Kepegawaian dan Hukum, Ediyanto. (Maturidi)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook