Kanwil Kemenkumham Kalteng Laksanakan FGD tentang Aplikasi SIPIDU

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 28 April 2021 16:30, Dibaca 216 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah melaksanakan FGD Penguatan Pengelolaan Pengaduan Aplikasi SIPIDU bersama perwakilan dari Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM sebagai narasumbernya. Kegiatan dilaksanakan di Aula Besar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, Rabu (28/4/2021).

Dalam rangka menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Inspektorat Jenderal dalam melaksanakan kegiatan pengawasan Internal diperlukan dukungan manajemen dalam memberikan layanan Penguatan Pengelolaan Pengaduan Aplikasi SIPIDU (Sistem Informasi Penguatan Integrasi Terpadu) pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah. Berdasarkan hal tersebut diatas Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD).

(Baca Juga : Pemberian Vaksin Corona Vac Dosis I Bagi Pegawai Bapas Pangkalan Bun)


Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bagian Program dan Humas Diana Soekowati selaku moderator dan dilanjutkan dengan sambutan dari kepala Divisi Administrasi Ikmal Idrus. Dalam kegiatan hadir perwakilan dari UPT se-Palangka Raya dan juga UPT Kasongan.

Materi disampaikan oleh Narasumber Kepala Sub-Bagian Pelayanan Pengaduan Inspektorat Jenderal Syahrul Azhar. Ia memperkenalkan aplikasi SIPIDU yang mana merupakan aplikasi yang sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi seperti Aplikasi E-Lapor, WBS (Whistle Blowing Sistem),  UPG (Unit Pengendalian Gratifikasi) dan SMS Gateway.

Aplikasi ini disebut terpadu dikarenakan pengelolaan pengaduan terpadu/satu pintu. Ia juga berharap akan penggunaan dari aplikasi SIPIDU ini.


“Dengan adanya aplikasi ini diharapkan proses untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu dapat tercapai,” tuturnya.

Setelah kegiatan berakhir, Syahrul Azhar melakukan kunjungan ke Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Palangka Raya. Ia didampingi oleh Kepala Sub-Bagian Humas, RB, dan TI Vasco Fernando dan isambut baik oleh Kepala Kantor Imigrasi Palangka Raya Ujang Cahya dan Pejabat Struktural Lapas  Palangka Raya. (Red-Dok, Kumham Kalteng, April 2021)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook