CPNS TA 2021 Ikuti Sosialisasi dan Simulasi Aplikasi MOOC

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 25 Maret 2021 15:43, Dibaca 142 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dalam Rangka mempersiapkan Penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran (TA) 2021, Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Jawa Tengah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan simulasi Aplikasi Massive Open Online Course (MOOC) pada pelatihan dasar CPNS TA 2021 secara virtual yang diikuti oleh seluruh CPNS Kementerian Hukum dan HAM seluruh Indonesia, Kamis (25/3/2021).


Berdasarkan surat dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Nomor W.17-SM.02.01-19 tanggal 22 Maret Ilham Djaya memerintahkan CPNS di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Tengah untuk mengikuti kegiatan tersebut. CPNS yang mendapatkan penempatan di Kemenkumham Kalimantan Tengah dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kota Palangka Raya berkumpul di Aula Kahayan untuk mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut, namun tetap mengikuti protokol kesehatan. Sedangkan yang berada di luar Kota Palangka Raya mengikuti sosialisasi di UPT masing-masing.

(Baca Juga : Kuatkan Tata Nilai PASTI, Lapas Palangka Raya Adakan Workshop Bagi Agen Perubahan)


Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) ini bertujuan untuk memberikan arahan serta simulasi tentang penggunaan dari Aplikasi MOOC. Aplikasi ini akan digunakan sebagai salah satu bagian evaluasi bagi para CPNS TA 2021. MOOC merupakan metode belajar-jarak-jauh dengan skala-besar, gratis dan bisa diakses siapa saja dan dimana saja mereka berada di dunia.

Fauziah Mukhlisah selaku Narasumber dari Lembaga Administrasi Negara juga memberikan sedikit gambaran mengenai proses pelatihan dasar bagi para CPNS.

“Alur kegiatan pelatihan dasar nanti dibagi menjadi 4 proses. Pertama yaitu pembelajaran mandiri, kemudian pembelajaran kolaboratif berupa diskusi secara online antara pengampu materi, coach, dan kelompoknya. Selanjutnya ada pembelajaran klasikal serta penguatan kompetensi teknis bidang tugas,” ucap Fauziah.

Aplikasi MOOC yang dikelola oleh LAN merupakan bagian dari proses pembelajaran mandiri yang akan dimulai pengerjaannya pada tanggal 29 Maret 2021. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, para CPNS TA 2021 dapat menggunakan aplikasi ini dengan baik dan lancar. (Red-dok, Humas Kanwil, Maret 2021)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook