Diskominfo Dukung Kegiatan Belajar di Luar Kelas

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 01 November 2018 09:43, Dibaca 312 kali.


MMCKalteng - Pelaksanaan kegiatan belajar di luar kelas yang dilakukan se-Indonesia pada 01 November 2018, yang juga diikuti oleh Kabupaten Kapuas mendapat respon positif dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas.

Untuk Kabupaten Kapuas kegiatan belajar di luar sekolah dilaksanakan di SMP Negeri 3 Selat Kuala Kapuas. Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas H Suwarno Muriyat menyampaikan mendukung kegiatan pembelajaran di luar kelas karena dengan belajar diluar kelas akan memperoleh banyak hal terutama dari alam. Ia menerangkan dengan belajar dari alam secara langsung tentu akan membuat anak merasa lebih menyenangkan. "Dengan belajar dari alam secara langsung tentu akan membuat anak merasa lebih menyenangkan dan nyaman," ucapnya.

(Baca Juga : Satu Konselor Hebat Bisa Membuat 1000 Orang Hebat)

Ia juga menerangkan bahwa pembelajaran yang bagus adalah pembelajaran yang aktif, efektif dan menyenangkan karena ketika Guru bisa membawa anak-anak ke suasana yang menyenangkan otomatis hasil yang diperoleh serta penyampaian ilmu akan lebih mudah.

Sementara Kepala Bidang Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Kapuas Holdy yang didampingi Kepala Seksi Bagian Kelembagaan Anak Rasyidi, Kasi Tumbuh Kembang Anak K.Kamala bersama Kabid Ketenagaan Disdik Kabupaten Kapuas Yater, menerangkan bahwa belajar di luar kelas pada hari itu dilakukan serentak di Indonesia yang dilaksanakan dengan waktu dua jam 30 menit, yang mana SMPN 3 Selat Kuala Kapuas menjadi contoh sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA). Dalam program kota layak anak untuk Kabupaten Kapuas ia menginginkan Sekolah SMPN 3 Selat dapat menjadi contoh sekolah ramah anak yang mana nantinya sangat berperan dalam berkembangnya sekolah layak anak di Kabupaten Kapuas, yang mana kedepannya Kabupaten Kapuas juga memiliki rencana akan ikut serta dalam Kegiatan belajar di luar kelas tingkat Nasional.

Lebih lanjut, Kepala Sekolah SMPN 3 Selat Hairini Irawati, menerangkan bahwa sistem pembelajaran sekolah ramah anak di SMPN 3 Selat, tidak hanya pendidikan dalam kelas tapi ada juga pendidikan di luar kelas atau out door dan itu artinya mengajarkan kepada anak-anak untuk mengenal lingkungan, bersosialisasi dan beradaptasi serta mengapresiasikan materi yang didapat dalam kelas untuk dibawa keluar kelas dengan harapan bahwa bukan hanya pembelajaran yang terbentuk seperti intelegensi saja tapi kita juga membina sikap karakter dan budi pekerti. (hmskominfo)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook