Petugas PPL Lakukan Pengecekan Titik Koordinat Rencana Lokasi Penanaman Durian di Lapas Sukamara

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 20 April 2021 13:31, Dibaca 148 kali.


MMCKalteng - Sukamara - Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara menerima kunjungan satu orang dari Penyuluh Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Sukamara untuk meninjau dan melakukan pengecekan secara langsung terhadap titik koordinat lokasi rencana penanaman durian pada kawasan tanah milik Lapas Sukamara. Kunjungan disambut langsung oleh Kalapas dan Staf Pembinaan Lapas Sukamara, Selasa (20/4/2021).

Setelah melakukan pengembangan Agrowisata, Lapas sukamara terus mengembangkan sayap-sayap inovasi baru. Kini Lapas Sukamara akan berencana membuka lahan perkebunan durian dengan menggandeng Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Sukamara, yang tergabung dalam kegiatan pengembangan program kawasan kampung durian Desa Natai Sedawak.

(Baca Juga : Rupbaskara Ikuti FGD Penguatan Pengelolaan Pengaduan Aplikasi SIPIDU)

Kunjungan dari Abdul Ghofar selaku Petugas Penyuluh Lapangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ke Lapas Sukamara merupakan untuk melakukan peninjauan terhadap titik koordinat rencana lokasi yang akan menjadi tempat kawasan penanaman bibit durian yang nantinya akan diusulkan ke pemerintah pusat melalui GAPUKTAN (Gabungan Kelompok Tani) Jati Mulio Desa Natai Sedawak. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara, Joko Prayitno mengatakan bahwa Lapas Sukamara telah siap dengan lahan dan Sumber Daya Manusia yang dimiliki.


"Kalau lahan kami sudah siap, ada kurang lebih 1 hektar yang bisa ditanam bibit durian dan begitu juga dengan sumber daya manusia yang nantinya akan merawat, kami akan siapkan. Kami berharap pengusulan ini dapat berhasil, sehingga ini nanti akan menjadi warisan untuk generasi berikutnya," harapnya.

Petugas Penyuluh Lapangan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Abdul Ghofar menyampaikan bahwa hasil dari peninjauan lokasi titik koordinat ini nantinya akan menjadi bahan data yang akan diajukan ke Pemerintah Pusat.

"Peninjauan yang kita lakukan yaitu untuk mengecek titik koordinat yang akan menjadi lokasi rencana penanaman bibit durian dan data yang kita ambil ini akan kita kirimkan ke Pemerintah Pusat," tuturnya.


Lebih lanjut Abdul Ghofar juga menyampaikan bahwa ini merupakan program dari Kementerian Pertanian dalam penyediaan pangan dan pemanfaatan lahan secara produktif melalui bidang perkebunan.

"Ada dua program yang kami usulkan di Desa Natai Sedawak yaitu penanaman bawang merah dan bibit durian. Salah satunya yaitu Lapas Sukamara yang nantinya jika berhasil akan menjadi salah satu kawasan durian Desa Natai Sedawak," pungkasnya. (Red-dok, Humas Kalteng, April 2021). 

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook