Kalapas Sukamara Hadiri Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 10 Maret 2021 07:56, Dibaca 163 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara, Joko Prayitno menghadiri kegiatan Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan Tahun Anggaran 2021 yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah bertempat di Hotel Luwansa Kota Palangka Raya, Selasa (9/3/2021). Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kalimantan Tengah, Jumadi. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Jajaran Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah.

Melalui kegiatan tersebut Kepala Unit Pelaksana Teknis akan memaparkan target dan rencana kerja yang telah dicapai, yang berkaitan dengan implementasi Permenkumham 32, pelaksanaan food estate prison, persiapan Lapas sentra produksi, dan optimalisasi Satops Patnal serta inovasi dalam mewujudkan Lapas Zero pelarian dan Zero Halinar. Dalam kegiatan ini Kalapas Sukamara, Joko Prayitno mendapatkan kesempatan untuk memaparkan terkait dengan hal tersebut dan sekaligus menyampaikan laporan program 100 hari kerja yang telah dilaksanakan pada Lapas Sukamara.

(Baca Juga : Guru Madrasah di Sukamara Dilatih Cara Membuat Soal Ujian)


"Terkait dengan apa yang disebutkan dalam 5 poin tersebut, sampai sekarang perlahan terus kita jalankan. Dari implementasi Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 semuanya berjalan lancar tanpa kendala. Dan untuk poin-poin lainnya semuanya berjalan dengan baik, banyak inovasi-inovasi baru yang merupakan ide dari teman-teman Lapas Sukamara yang perlahan juga telah kita implementasikan di Lapas," ucapnya.


Terkait Food Estate Prison pada Lapas Sukamara, Joko Prayitno sudah sangat siap melalui Agrowisata yang tengah dikembangkan saat ini. "Terkait dengan Food Estate Prison, kita Lapas Sukamara sudah siap dan kita sudah jalankan itu. Melalui pengembangan agrowisata kita sudah tanami sekitar 500 bibit buah dan juga kita telah sediakan kolam untuk pembudidayaan ikan air tawar dan target kami Lapas Sukamara bisa menjadi Lapas Percontohan," pungkasnya.

Lapas Sukamara dalam hal ini sudah siap menuju Lapas yang lebih maju. Persiapan dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, peningkatan program pembinaan kemandirian kepada Warga Binaan, ide-ide dan terobosan baru yang mendukung dalam mencapai Resolusi Pemasyarakatan yang lebih PASTI telah diimplementasikan dalam wujud yang nyata melalui kegiatan-kegiatan positif. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook