Rutan Kuala Kapuas Selenggarakan Pemberian Vaksin COVID-19 Kepada Pegawai Rutan Tahap Pertama

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 19 Maret 2021 14:44, Dibaca 249 kali.


MMCKalteng - Kapuas – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kuala Kapuas menggelar Pemberian Vaksin COVID-19 pertama bagi seluruh pegawai bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas yang dilaksanakan oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Melati di Aula Rutan Kuala Kapuas, Kamis (18/3/2021). Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Puskesmas Melati, M. Hipni ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dihadiri oleh Kepala Rutan Kuala Kapuas dan para pejabat struktural. Vaksinasi dilaksanakan untuk melengkapi upaya pencegahan penyakit COVID-19, seperti memakai masker, mencuci tangan, juga menjaga jarak dan menghindari kerumunan (3M).

Hipni mengungkapkan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia saat ini menggunakan vaksin produksi Sinovac, bekerja sama dengan PT Bio Farma.

(Baca Juga : Sudah 158 Ribu Jemaah yang Didaftarkan Prioritas Vaksinasi)


“Ini adalah kegiatan pelayanan publik berupa pemberian vaksin pertama kali di Rutan Kuala Kapuas, sesuai dengan prosedur disiapkan empat meja yaitu untuk Pendaftaran, Skrining, Wawancara dan Pemeriksaan Fisik, Vaksinasi, dan Pengawasan dan Pemberian Kartu Vaksinasi. Skrining adalah wawancara yang berisi 14 pertanyaan tentang riwayat kesehatan, jika sedang mengalami demam, batuk, pilek pada hari ini atau tekanan darah tinggi dari batas normal akan ditunda untuk divaksinasi, tapi jika semuanya dalam keadaan normal boleh divaksinasi,” jelas Hipni. 

Toni Aji Priyanto selaku Kepala Rutan menyampaikan terima kasih kepada Tim Kesehatan Puskesmas Melati sebanyak 12 orang yang telah bersedia ikut membantu terlaksananya kegiatan vaksinasi di Rutan Kuala Kapuas.

“Terima kasih kepada Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Melati atas terselenggaranya pemberian vaksin COVID-19 pertama di Rutan Kuala Kapuas, kegiatan ini wujud Rutan Kuala Kapuas yang mendukung program pemerintah dan bertujuan menghindari dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan internal pegawai Rutan,” papar Toni.


Karutan juga menyampaikan harapannya kepada pemerintah agar dapat memperhatikan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kuala Kapuas untuk juga divaksinasi.

“Warga binaan sangat rentan karena dalam satu kamar dihuni oleh 8 – 10 orang sehingga sulit untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19,” ucap Toni saat ditemui Tim Humas Rutan Kuala Kapuas seusai kegiatan vaksinasi. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook