Sambangi Warga Isoman, Kemenag Gumas Berikan Dukungan

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 12 Agustus 2021 11:05, Dibaca 155 kali.


MMCKalteng – Gunung Mas – Ketika seseorang terkonfirmasi positif Covid-19, sejumlah hal dapat dilakukan sebagai proses penyembuhan. Salah satunya melalui isolasi mandiri (isoman).

Kantor Kemenag Kabupaten Gunung Mas tak membiarkan masyarakat yang tengah menjalani isoman merasa seorang diri. Melalui Seksi Bimas Kristen, instansi itu memberikan pendampingan dan menyerahkan sejumlah bantuan.

(Baca Juga : Jajaran Lapas Sukamara Ikuti Penandatanganan Janji Kinerja Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Secara Virtual)

Kepala Kankemenag Gunung Mas H. Anang Rusli, melalui Kasi Bimas Kristen, Hereline di Kuala Kurun, Kamis (12/8/2021) menjelaskan, pihaknya beberapa waktu lalu mengunjungi kediaman warga yang tengah menjalani isolasi mandiri. Sejumlah ‘buah tangan’ diserahkan kepada mereka, dilakukan pula doa bersama dengan warga yang isoman.

Menurut Hereline, masalah akibat terjangkit Covid-19 nyatanya tidak hanya sebatas kesehatan yang menurun. Isolasi mandiri juga membangkitkan perasaan kesepian karena ketidakmampuan untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain dan membuat suasana hati penderita memburuk tanpa bisa dihindari.

“Situasi ini berpotensi mengganggu kesehatan mental dan menghadirkan stress serta kesepian, sehingga kami berinisiatif hadir dan mengunjungi beberapa warga,” kata Hereline.

Dalam kunjungan itu, Hereline juga memberikan penguatan semangat. Pasalnya, stigma sosial bagi warga yang dinyatakan positif Covid-19 juga bisa menjadi salah satu faktor yang membuat warga mengalami efek lain.

“Salah satu warga yang kami kunjungi  adalah rumah sepasang suami istri, keduanya mengeluhkan rasa sakit di sekujur tubuh, dan kehilangan penciuman serta selera makan,” ujar Hereline.

Dia bersyukur bisa ikut berbagi kasih dengan meringankan beban serta memberikan dukungan moral. Dengan kunjungan itu dia berharap warga dapat merasakan kehadiran dan perhatian Kantor Kemenag Gunung Mas.

“Memang tak banyak yang bisa dilakukan, tetapi kunjungan itu setidaknya sebagai dukungan secara langsung kepada masyarakat yang tengah berjuang melawan Covid-19,” pungkasnya. (Yolanda/Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook