Kuala Kapuas Miliki Cetya Vijjaya Dharma

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 01 Maret 2021 11:29, Dibaca 87 kali.


MMCKalteng - Kapuas - Umat Buddha Kuala Kapuas kini memiliki sebuah rumah ibadah, Cetya Vijjaya Dharma. Rumah ibadah yang sekaligus sebagai Sekretariat PC Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Kabupaten Kapuas itu diresmikan oleh Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah, Partiyem, beberapa waktu lalu.

Ketika dibincangi di ruang kerjanya pada Senin (1/3/2021), Partiyem menjelaskan, saat meresmikan Cetya tersebut dirinya meminta agar Cetya dimanfaatkan sebagai pusat peningkatan keyakinan atau Saddha dan Bakti kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian, juga sebagai sarana mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan budi pekerti dan pelatihan spiritual.

(Baca Juga : CPNS Rutan Kuala Kapuas Ikuti Pembukaan Latsar)

"Saya yakin umat Buddha Kapuas mampu memanfaatkan Cetya Vijjaya Dharma sebagai tempat pelaksanaan kegiatan yang dapat meningkatkan Saddha dan Bhakti, serta sarana mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan budi pekerti dan pelatihan spiritual,” beber Partiyem.

Dia juga mengaku mengingatkan umat Buddha agar tetap produktif dan berkontribusi membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19. Umat Buddha harus bersyukur karena meskipun di masa pandemi, namun sukses mewujudkan suatu tempat ibadah yang pertama kali dalam sejarah Kabupaten Kapuas.

"Turut hadir dalam acara peresmian itu, Plt. Kakankemenag Kapuas H. Hamidan, Bhikkhu Bhaddacara, Upasakha Pandita, serta umat Buddha dari Palangka Raya, Banjarmasin dan sekitarnya," jelas Partiyem. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook