DPRD Dorong Peningkatan Infrastruktur Pertanian di DAS Barito

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 12 Maret 2021 07:04, Dibaca 13 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) terus mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk melaksanakan pemerataan infrastruktur ke kawasan sentra produksi pertanian di wilayah Bumi Tambun Bungai. Hal ini disampaikan Anggota Komisi IV DPRD Kalteng yang membidangi Infrastruktur dan Prasarana Siswandi, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, belum lama ini, Kamis (11/3/2021).

Menurutnya, pemerataan infrastruktur ke sentra produksi pertanian, perlu digencarkan khususnya di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito.

(Baca Juga : Ruas Jalan Maliku Baru Belum Pernah Diperbaiki)

“Kami mendukung keinginan Gubernur untuk peningkatan intrastruktur ke sentra produksi pertanian yakni ruas jalan Kandui-Ketapang-Montalat, Kabupaten Barito Utara (Barut),” ucapnya.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV meliputi Kabupaten Barito Timur (Bartim), Barito Selatan (Barsel), Barut dan Murung Raya (Mura) ini juga mengatakan, ruas jalan Kandui- Ketapang-Montalat merupakan akses ke sentra produksi pertanian. Dimana kondisi ruas jalan tersebut saat ini mengalami kerusakan akibat hujan, sehingga tidak jarang anggkutan hasil alam mengalami kendala saat melintasi ruas tersebut.

Komisi IV berharap agar Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng dapat melakukan peningkatan pada ruas jalan tersebut. “Diharapkan adanya sharing dana dari provinsi untuk menangani ruas jalan tersebut. Sebab kalau hanya mengandalkan dana dari kabupaten setempat sangat terbatas,” ujarnya.

Selain itu, sambung Siswandi, Komisi IV mendorong peningkatan infrastruktur di Kandui arah Batu Raya sebagai sentra produksi jagung di Barut, mengingat sentra produksi tersebut juga pernah ditinjau Menteri Pertanian dan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran.

“Peningkatan infrastruktur ke sentra produksi jagung ini juga perlu ditingkatkan, agar dapat mendorong peningkatan hasil produksi pertanian jenis jagung. Bahkan dengan peningkatan akses jalan tersebut dengan sendirinya juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Rovie / Foto: Rovie)

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook