Soal Pengembangan Sektor Periwisata di Kalteng

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 01 November 2019 07:20, Dibaca 261 kali.


Dewan Tantang Pemprov

PALANGKA RAYA - Sekretaris Komisi III DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Kuwu Senilawati menantang pemerintah provinsi, khususnya Dinas Pariwisata berani berinovasi dalam mengembangkan sektor pariwisata, agar semakin banyak mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara.

(Baca Juga : Dewan Siap Tuntaskan Sejumlah Agenda)

Apabila pariwisata di Kalteng berkembang akan berdampak besar terhadap pendapatan asli daerah (PAD) dan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat, kata Kuwu di Palangka Raya, belum lama ini.

"Pariwisata itu ibarat sebuah seni yang dipadukan dengan kreativitas. Jadi, inovasi dan terobosan yang menarik sangat perlu dilakukan," tambahnya.

Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu menilai bahwa provinsi ini memiliki banyak potensi wisata yang cukup menarik. Mulai dari wisata alam, budaya/situs bersejarah hingga religi atau keagamaan. 

Dia mengatakan dari banyak potensi wisata itu, baru Tanjung Puting, Taman Nasional Sebangau, Air Terjun Tosah, Batu Suli, dan lainnya. Namun, sebenarnya masih sangat banyak potensi lain di pelosok-pelosok yang cukup menarik dikunjungi wisatawan.

"Beberapa diantaranya kan sudah jadi destinasi wisata bagi wisatawan mancanegara. Itu membuktikan objek Kalteng layak go internasional," kata Kuwu.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas itu menginginkan pariwisata tidak hanya sebagai ikon daerah, namun mampu memberikan nilai tambah bagi ekonomi masyarakat.

Dia pun meminta pemerintah provinsi bersama kabupaten/kota se-Kalteng bisa memanfaatkan berbagai objek wisata yang memiliki potensi, untuk bisa menghasilkan pemasukan bagi daerah.

"Kalau ada kendala koordinasi antara provinsi dan kabupaten/kota dalam memaksimalkan sebuah wisata, harus disikapi secara bijak dan dikomunikasikan dan dikoordinasikan," kata Kuwu.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook