Temui Klien Pemasyarakatan, PK Bapas Palangka Raya Rela Susuri Kawasan Bantaran Sungai

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 10 Maret 2021 12:27, Dibaca 151 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Demi melaksanakan tugas dan fungsi pembimbingan dan pengawasan, Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Ahli Pertama pada Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Palangka Raya, Maria Astika rela menyusuri kawasan bantaran Sungai Kahayan yang terletak di Kelurahan Pahandut Kota Palangka Raya guna melakukan pembimbingan sekaligus pengawasan kepada satu orang klien pemasyarakatan pada Rabu (10/3/2021) pagi. Klien pemasyarakatan merupakan warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang telah menjalani dua per tiga masa pidananya di lembaga pemasyarakatan (Lapas) atau Rumah Tahanan Negara (Rutan) untuk selanjutnya menjalani sisa sepertiga masa pidananya dengan cara wajib lapor dan pembimbingan di Balai Pemasyarakatan.


"Klien pemasyarakatan kita memiliki beragam pekerjaan, kesibukan dan kendala masing-masing, oleh sebab itu ketika sudah waktunya wajib lapor namun yang bersangkutan tidak dapat hadir maka kami akan menanyakan kendala kepadanya. Tugas dari PK adalah memastikan kondisi terkini klien tersebut," ujar PK yang akrab Astika ini.

(Baca Juga : Sholat Berjamaah, WBP Lapas Sukamara Laksanakan Sholat Ied Penuh Hikmat)


"Saya secara pribadi sifatnya membantu untuk melakukan pembimbingan dan pengawasan kepada bapak, jadi ketika ada kendala apapun sampaikan ke saya. Semisal baru bekerja atau tidak ada kendaraan ke Bapas, yang terpenting ada kabar seperti apa kondisinya sekarang," terang Astika kepada Klien PS yang ditemui di kediamannya.

Klien PS sendiri sehari bekerja sebagai penjual makanan di kawasan Pelabuhan Rambang, Kota Palangka Raya. "Saya mohon maaf bu karena hari-hari berjualan dan tidak punya hp android makanya tidak bisa video call untuk menghubungi Ibu, ke depan tidak akan saya ulangi lagi," ujar BS seraya membubuhkan tanda tangan di buku wajib lapor. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook