Persiapan Haji Tetap Dilakukan Meski Belum Ada Kepastian Keberangkatan

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 19 Januari 2021 13:57, Dibaca 140 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kementerian Agama terus melakukan persiapan, kendati hingga saat ini belum ada kepastian terkait penyelenggaraan ibadah haji 1442H/2021M dari pemerintah Arab Saudi. Persiapan itu mengingat masa penyelenggaraan ibadah haji yang semakin dekat. 

Kepala Kanwil Kemenag Kalteng H. Abd. Rasyid mengutip siaran pers Kementerian Agama mengatakan, berdasarkan kalender hijriyah dan asumsi normal, pemberangkatan jemaah haji tahun 1442H/2021M (kloter pertama) diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal 4 Dzulqa’dah  atau 15 Juni 2021. 

(Baca Juga : Food Estate Prison Rutan Kuala Kapuas Beralih ke Padi Lokal)

“Waktu yang tersisa untuk persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442H/2021M hanya berkisar 5 (lima) bulan. Mengingat ruang lingkup pelayanan penyelenggaraan ibadah haji yang begitu luas, maka waktu yang tersisa sangat terbatas, sehingga berbagai persiapan harus segera dilakukan,” tukas H. Abd. Rasyid, Selasa (19/1/2021). 

Ia juga menyampaikan, mengingat sampai dengan saat ini wabah Covid-19 belum berakhir, Kemenag telah membentuk Tim Manajemen Krisis Haji dalam rangka mempersiapkan rencana mitigasi penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442H/2021M. 

“Sementara ini, pemerintah tengah menyiapkan tiga opsi penyelenggaraan ibadah haji, yakni kuota penuh, kuota terbatas, dan tidak memberangkatkan jemaah haji,” imbuhnya.

Tentang Tim Manajemen Krisis Haji, dikatakan H. Abd. Rasyid bahwa tim tersebut dibentuk Kementerian Agama pusat dengan tiga hal utama sebagai fokusnya. Pertama, melakukan komunikasi, termasuk dengan jemaah agar bisa memahami kemauan mereka.

Kedua, lakukan kolaborasi. Tim tidak boleh mengedepankan egoisme masing-masing, apalagi terjebak pada ego sektoral. Ketiga, tim harus kreatif.

Tim nantinya ditugaskan untuk melakukan kajian secara detail. Selain skenario penyelenggaraan, konsekuensi dari setiap pilihan juga dibahas. Misalnya, konsekuensi terkait pembiayaan sebagai akibat adanya beragam pembatasan seiring pandemi Covid-19. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook