MAN Kota Palangka Raya Peringati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1442 H

Kontribusi dari Rikah Mustika, 05 Maret 2021 12:49, Dibaca 152 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dilaksanakan di Masjid At Taqwa, Kamis (4/3/2021), dengan tema "Jadikan Sholat Sebagai Barometer Akhlakul Karimah Dalam Kehidupan". Turut hadir Kabid Penmad Kanwil Kemenag Kalteng H. Baihaqi, Kasi Penmad Kemenag Kota Palangka Raya H. Supiani HK, Ketua Komite MAN Kota Palangka Raya H. Sutransah serta dewan guru, staf tata usaha dan siswa pengurus osis MAN Kota Palangka Raya.

Tausiyah yang disampaikan H. Amanto Surya Langka mengajak hadirin untuk mengambil ibrah dari peristiwa Isra Miraj dengan merujuk kepada QS. Al Isra : 1. H. Amanto menjelaskan dalam surah tersebut Nabi Muhammad menyinggahi dua masjid yaitu Masjid Al Haram dan Masjid Al Aqsa. Hal itu menandakan bahwa aktivitas umat Islam harus diawali dari masjid dengan melaksanakan ibadah shalat dan ibadah lainnya, sehingga keimanan kita bisa diukur dari sering tidaknya kita ke masjid untuk melaksanakan shalat 5 waktu.

(Baca Juga : Jelang Pilkada Serentak, WBP Rutan Buntok Ikuti Perekaman E-KTP )

Yang kedua perjalanan Isra Miraj dilakukan di malam hari sebagai waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena hanya di waktu malam hari orang akan lebih khusyu dan tenang dalam beribadah menghadap Allah SWT. Kemudian yang utama, menurut penceramah, adalah dengan adanya peristiwa Isra Miraj banyak orang yang disesatkan dan diberi petunjuk, karena peristiwa itu hanya bisa dipahami dengan hati dan akal.

"Nabi Muhammad sudah melakukan perjalanan yang luar biasa untuk menjemput perintah berupa shalat 5 waktu, maka kita sebagai umatnya jangan sampai meninggalkan shalat 5 waktu sebagai identitas kita umat yang beriman dan berislam," tutup H. Amanto.


Sementara, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kalteng H. Baihaqi dalam sambutannya menekankan pada peningkatan karakter melalui penanaman sikap spiritual dan kedisiplinan dalam beribadah. H. Supiani HK sebagai Kasi Pendidikan Madrasah mengingatkan kepada siswa, tenaga pendidik dan kependidikan bahwa pandemi masih berlangsung, untuk itu tetap jaga kesehatan, patuhi protokol kesehatan dan tetap laksanakan tugas mengajar melalui daring.

Ketua komite Mankoraya H. Sutransyah mengatakan bahwa acara peringatan ini sebagai sarana untuk bersilaturahmi di masa pandemi agar tetap terjalin hubungan yang mesra guna pencapaian pendidikan berkualitas di madrasah. 

Sementara, Waka Kurikulum Miftah Safingi yang mewakili Kepala Mankoraya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama anak-anak Osis dan MPK atas terselenggaranya peringatan Isra Mikraj ini. "Semoga tahun ajaran baru ini kita bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka," tutupnya. (Asdi)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook