Ikuti SDS Nasional, Bimas Buddha Lakukan Perekaman Materi Lomba

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 22 Mei 2021 13:57, Dibaca 155 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kalimantan Tengah akan mengirimkan pesertanya untuk mengikuti Sippa Dhamma Sammaja (SDS) tingkat nasional tahun 2021. Pandemi Covid-19 memaksa pelaksanaan SDS diubah dengan sejumlah penyesuaian.

Salah satunya berupa pengiriman materi lomba dalam bentuk rekaman. Menyikapi hal itu, Pembinas Buddha Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah belum lama tadi melakukan perekaman materi SDS di Vihara Dharma Maitreya di Jl. Pramuka No. 993 Pasir Panjang, Kotawaringin Barat.

(Baca Juga : Kinerja Kementerian Agama Dinilai Dari Pelayanan Publik)

Perekaman dilakukan pada cabang Dhamma Gita (menyanyi lagu Buddhis) dan Dhammakkhayika (bercerita Buddhis) dari jenjang SD, SMP dan SMA/K. Pada cabang tersebut, terdapat 6 peserta yang tampil.


Pembimas Buddha, Partiyem menjelaskan, pihaknya tetap optimal dalam penampilan lomba itu. Meskipun hanya melalui rekaman, dengan target utama bisa bersaing bersama peserta dari daerah lainnya.

“Kami serius untuk menghadapi SDS tahun ini,” aku Partiyem, Sabtu (22/5/2021) di Palangka Raya.

Partiyem selaku penanggung jawab kontingen SDS  Kalimantan Tengah menjelaskan, peserta SDS Kalimantan Tengah berasal dari sejumlah kabupaten. Misalnya pada cabang Dhamma Gita dan Dhammakkhayika berasal dari Kotawaringin Barat.

“Dhammakkhayika atau lomba bercerita Buddhis ini adalah cabang lomba yang baru tidak dilombakan pada SDS sebelumnya. Butuh keterampilan khusus, kemampuan bercerita, dan kepercayaan diri yang tinggi untuk tampil pada cabang ini,” beber Partiyem.

Menurut Partiyem, pihaknya melakukan perekaman di beberapa vihara, termasuk di Vihara Dharma Maitreya karena memerlukan ruangan yang hening dan jauh keramaian. Juri akan menilai dari video yang dikirim, sehingga kualitas suara dalam rekaman akan berpengaruh.

“Jadi kami harus memastikan tempat yang hening untuk menghasilkan audio perekaman benar-benar jernih,“ tambahnya.

“Jejaring Bimas Buddha di Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, dan daerah lainnya terbukti bersinergi untuk turut serta mensukseskan kontingen SDS Kalimantan Tengah,” tegasnya. (Teguh/Ispurwanto)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook