Kasubdit Kerjasama Luar Negeri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Silaturahmi ke Lapas Perempuan Palangka Raya

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 26 Februari 2021 11:28, Dibaca 54 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kasubdit Kerjasama Luar Negeri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham Republik Indonesia Fajar Sulaiman Taman bersilaturahmi ke Lapas Perempuan Kelas IIA Palangka Raya (Lapupala). Kedatangan Tim DJKI di dampingi oleh Kepala Bagian Progam dan Humas Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah Diana Soekowati, Kamis (25/2/2021).

Dalam kegiatan silaturahminya, Fajar mengunjungi dan mengamati keadaan lingkungan Lapupala, mulai dari Blok Hunian, Dapur, P2U, ruang kunjungan hingga ruang loket pendaftaran kunjungan/penitipan barang. Saat masuk ke blok hunian, Fajar dan Tim didampingi oleh Kepala Lapupala Dyah Wandansari dan Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Sabini.

(Baca Juga : Budidaya Jagung Bentuk Ketahanan Pangan di Rutan Buntok)


Pada saat mengunjungi blok, Fajar memberi masukan bahwa untuk bisa menertibkan dan mendisiplinkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), agar dibedakan warna bajunya antara tahanan dan narapidana, juga dibedakan antara yang maksimum security maupun medium dan minimum security sehingga agar lebih tertib, rapi dan bisa mengawasi mereka dengan mudah. Pada saat mengunjungi dapur, Fajar memberi masukan agar ditambah blower untuk menyedot asap/uap pada saat memasak agar tidak panas,  juga dipasang kipas angin pada atap bagian sentral, juga ditambah slogan-slogan yang memberi semangat petugas dapur dengan menjunjung kearifan lokal yang ditempel di dinding.

Untuk menu yang disajikan, Fajar memberikan kesan bagus, bersih dan memenuhi standar gizi. Untuk bagian Front Office di dinding yang spacenya agak luas perlu dipasang foto-foto pejabat tinggi seperti Menteri, Sekjen, Irjen dan seterusnya sampai Kepala Divisi Pemasyarakatan. Setelah mengunjungi semua bagian Lapas, Dyah mengajak Fajar dan Tim mengunjungi ruangan Kalapas untuk beristirahat dan berbincang santai sambil menikmati suguhan makanan dan minuman yang telah disediakan.


Pada saat berbincang-bincang di ruangan kalapas, Fajar juga memberi saran bahwa perlu dibuat produk hasil karya napi yang bisa dipatenkan/dilabelling baik itu berupa makanan maupun crafts dan dipasarkan ke luar serta dititipkan di toko maupun galeri juga melalui online.

Di penghujung kunjungan Kalapas menyampaikan, "Suatu kehormatan Pak Kasubdit KLN Ditjen KI berkenan mengunjungi Lapupala, kami sangat berterima kasih atas saran dan masukannya guna perbaikan ke depan Lapupala, semoga nantinya untuk menunjang produk-produk hasil karya WBP, Ditjen KI dapat membantu sarprasnya untuk mempermudah memperkenalkan produk dan pemasarannya yang paten," ujarnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Februari 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook