Gelar Rakor Pimpinan, Kemenag Kalteng Targetkan Peningkatan Serapan Anggaran

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 01 Juni 2021 11:00, Dibaca 89 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah menggelar rapat koordinasi (Rakor) pimpinan pada Selasa (1/6/2021). Rakor digelar di aula utama Kanwil Kemenag, diikuti pejabat eselon 3 dan eselon 4 di instansi itu.

Kakanwil H. Abd. Rasyid saat memimpin Rakor mengatakan, diperlukan adanya terobosan agar program kerja tahun 2021 terlaksana dengan optimal. Salah satu indikatornya adalah tingkat serapan anggaran.

(Baca Juga : Tahanan Baru Masuk Lapas Sampit WajibTerapkan Prokes)

Menurutnya, seluruh Bidang dan Pembimas memiliki tanggung jawab yang sama untuk mengoptimalkan anggaran yang ada guna mendukung tercapainya visi dan misi Kementerian Agama.

“Segera lakukan telaah apa saja yang harus dilakukan di jangka pendek ini. Targetkan bahwa di sampai semester pertama, serapan anggaran kita sudah mendekati titik optimal sesuai arahan Kemenag pusat,” bebernya.

Salah satu anggaran yang relatif besar adalah belanja modal pembangunan gedung madrasah dan balai nikah dan manasik haji KUA kecamatan. H. Abd. Rasyid mengingatkan para pengelola anggaran untuk segera merealisasikan kegiatan tersebut.

“Segera lakukan proses lelang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jangan sampai terlalu mepet dengan akhir tahun anggaran karena kita juga harus memperhatikan kualitas pekerjaan,” tegas H. Abd. Rasyid.

Selain pada tingkat Kantor Wilayah, H. Abd. Rasyid juga mengingatkan Bidang dan Pembimas untuk mendorong satuan kerja pada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota untuk mengoptimalkan serapan anggaran. Selain mendorong pencapaian program kerja, belanja dari instansi pemerintah juga akan mendorong pergerakan ekonomi masyarakat.

“Ini penting bagi kita agar anggaran pemerintah tidak hanya menyasar tercapainya program kerja, namun juga berpengaruh positif bagi perekonomian bangsa. Karena setiap rupiah yang kita belanjakan, misalnya dalam bentuk pengadaan barang dan jasa, itu akan berkontribusi kepada banyak hal di roda perekonomian masyarakat,” beber H. Abd. Rasyid. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook