Permudah Akses Air, WBP Lapas Sukamara Buat Saluran Pada Lahan Agrowisata

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 15 Februari 2021 15:39, Dibaca 122 kali.


MMCKalteng - Sukamara - Guna mempermudah dalam melakukan penyiraman terhadap tanaman yang ada pada lahan Agrowisata, Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara memasang pipa saluran air di sepanjang lahan bagian depan Agrowisata, Senin (15/2/2021). Pengairan yang baik merupakan salah satu penunjang dalam keberhasilan pengembangan tanaman, karena tanpa air tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik.

Pemasangan pipa aliran air pada lahan Agrowisata ini untuk lebih mempermudah dalam melakukan penyiraman tanaman. Dengan adanya pipa saluran air ini apabila Warga Binaan ingin menyirami tanaman tidak perlu untuk mengambil air ke keran yang ada di Lapas, melainkan tinggal mengambil air pada keran yang telah dibuat dengan menggunakan pipa saluran yang dipasang di lahan Agrowisata.

(Baca Juga : Lapas Muara Teweh Bagikan Masker dan ID Card Narapidana Pekerja)


Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara, Joko Prayitno mengatakan pembuatan keran ini untuk menunjang segala bentuk kegiatan perawatan terhadap tanaman yang ada di Agrowisata. "Saluran air ini kita buat agar seluruh kegiatan perawatan seperti menyiram tanaman dapat lebih efektif dan efisien. Apabila nanti ingin menyirami tanaman, dengan adanya saluran ini dapat lebih mempersingkat waktu untuk mengambil airnya," tuturnya.

Pipa saluran yang sudah dipasang kemudian ditimbun agar tidak mengganggu akses jalan dan terinjak oleh pengunjung. Selain digunakan untuk mempermudah di dalam menyirami tanaman, jauh ke depan nantinya keran pipa saluran air ini juga dapat digunakan untuk pengunjung Agrowisata mencuci tangan maupun mencuci hasil petikan dari Agrowisata.


"Keran ini juga nantinya dapat digunakan para pengunjung Agrowisata untuk mereka mencuci tangan. Selain itu apabila sampai kepada musim panen nantinya, keran ini dapat juga digunakan untuk mencuci buah-buahan hasil dari Agrowisata yang ingin dikonsumsi secara langsung," tambah Joko Prayitno.

Segala bentuk penunjang sarana dan prasarana di dalam pengembangan Agrowisata ini akan terus ditingkatkan guna mencapai keberhasilan sehingga pengembangan Agrowisata ini dapat terus berjalan secara konsisten dan dilaksanakan terus-menerus. (Red-dok, Humas Kalteng, Februari 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook