Kakanwil Tinjau Bimbingan Kemandirian Budidaya Tanaman Hidroponik dan Budidaya Ikan Air Tawar

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 10 Februari 2021 08:44, Dibaca 154 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat – Seharian penuh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah mengisi kegiatan yang bertempat di Balai Pemasyarakatan Kelas II Pangkalan Bun. Kegiatan terakhir adalah meninjau hasil budidaya tanaman hidroponik, dan budidaya ikan konsumsi air tawar yang di waktu lalu telah diselenggarakan oleh Bapas guna bimbingan kemandirian bagi klien pemasyarakatan, Selasa (10/2/2021).

Kepala Bapas Pangkalan Bun, M. Arfandy, menjelaskan jika Hidroponik merupakan konsep budidaya tanaman yang memanfaatkan air tanpa membutuhkan tanah untuk media tanam. Pada hidroponik mementingkan pemenuhan nutrisi tanaman, agar tanaman dapat hidup dan tumbuh.

(Baca Juga : Maksimalkan Pembangunan Agrowisata, Kalapas Sukamara Turun Langsung)

“Jika dirawat dengan baik maka hidroponik ini mampu untuk menghasilkan kualitas sayuran yang bagus. Menjaga larutan nutrisi yang dialirkan di pipa-pipa tanaman hidroponik merupakan kunci dari budidaya ini untuk mendapatkan nilai jual yang baik pula,” terang M. Arfandy. 


Selain itu Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah, Ilham Djaya, juga meninjau lokasi kolam budidaya ikan konsumsi air tawar. Budidaya ini terdiri dari ikan gurami, bawal, dan nila yang masing-masing berada pada kolam berbeda. 

"Kombinasi pertanian dan perikanan ini luar biasa. Dua hal inilah yang kami pilih menjadi tema bimbingan kemandirian bagi klien pemasyarakatan. Perkembangan ekonomi yang merata termasuk di dalamnya adalah klien pemasyarakatan tentu mampu mengangkat harkat hidup klien pemasyarakatan," tutup M. Arfandy.


Ilham Djaya mengungkapkan mengapresiasi bimbingan kemandirian yang telah dilakukan untuk klien pemasyarakatan. Program ini hendaknya dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

"Bapas Pangkalan Bun sangat baik dalam melaksanakan bimbingan, ke depan saya berharap agar kegiatan yang dilaksanakan dapat lebih bervariasi dan mampu menunjang minat maupun bakatnya, dan nantinya bimbingan yang diterima dapat dikembangkan sesuai passion dari klien pemasyarakatan," tutup Ilham Djaya. (Red-dok, Humas Kalteng, Februari 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook