Donasi Kemenag Kalteng Untuk Korban Bencana Alam Capai Ratusan Juta Rupiah

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 28 Januari 2021 15:56, Dibaca 197 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Bencana alam yang menimpa Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, dan sejumlah provinsi lainnya di Indonesia menggerakkan elemen Kementerian Agama untuk menggalang dan menyalurkan donasi. Hal yang sama juga dilakukan oleh jajaran Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah.

Aparatur Kemenag Kalteng berhasil mengumpulkan dan menyalurkan donasi berupa uang tunai lebih dari Rp. 170 juta. Sedangkan donasi berupa barang jumlahnya tidak terhitung, namun diyakini lebih dari Rp. 500 juta.

(Baca Juga : Kemenag Kota Palangka Raya Kembali Tandatangani MoU dengan Lapas Palangka Raya)

“Alhamdulillah, keluarga besar Kanwil Kemenag Kalteng berhasil mengumpulkan donasi ratusan juta rupiah,” beber Kakanwil Kemenag Kalimantan Tengah H. Abd. Rasyid, Kamis (28/1/2021).

Donasi itu, imbuh H. Abd. Rasyid, terbagi atas uang tunai yang disalurkan kepada korban banjir Kalimantan Selatan maupun korban bencana alam di daerah lain. Penyaluran ke Kalimantan Selatan dilakukan langsung, dan korban bencana di daerah lain dilakukan melalui rekening tanggap bencana Kementerian Agama pusat.

Sementara untuk donasi berupa barang telah didistribusikan ke korban banjir di beberapa kabupaten di Kalimantan Selatan.

“Khusus donasi berupa barang, memang disalurkan langsung oleh satuan kerja Kanwil Kemenag Kalteng ke lokasi banjir. Misalnya oleh madrasah atau Kankemenag Kabupaten/Kota ke Barabai, Banjarbaru, dan beberapa daerah lainnya,” jelas H. Abd. Rasyid.

“Sementara untuk donasi uang tunai kami serahkan sebagian ke Kalimantan Selatan sebesar Rp. 30 juta, dan lebih dari Rp.140 juta sisanya kami salurkan melalui Kemenag Pusat untuk didistribusikan ke daerah bencana,” imbuhnya.

Selain oleh pegawai, donasi juga dihimpun oleh pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil dan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota. Jumlahnya mencapai lebih dari Rp. 30 juta.

“Semoga donasi itu meringankan sebagian beban korban bencana alam tersebut,” harap H. Abd. Rasyid. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook