Kakanwil Dukung Pengembangan Potensi Pondok Pesantren

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 02 Maret 2021 11:53, Dibaca 159 kali.


MMCKalteng – Kapuas – Sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Kapuas tengah mengembangkan usaha budidaya peternakan dan perikanan.  Potensi yang dimiliki sangat besar sehingga diharapkan dapat mendorong kemandirian lembaga pendidikan keagamaan Islam tersebut.

Ketika melihat budidaya ikan di Pondok Pesantren Al Muhajirin Antang, Kuala Kapuas, Selasa (2/3/2021), Kakanwil Kemenag Kalimantan Tengah H. Abd. Rasyid mengatakan, pengembangan unit usaha menjadi salah satu hal penting agar pondok pesantren memiliki  sumber pendapatan. Selain itu, unit usaha ekonomi juga cara pengembangan potensi para santri.

(Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Kalteng Berikan Buku dan Pencatatan Hak Cipta Serta Mengundang Dalam Acara Bedah Buku)

“Misal dengan adanya kolam ikan ini, maka santri bisa berlatih bagaimana membudidayakan ikan yang benar. Setelah dari pondok, mereka mengembangkan pengetahuan itu di lingkungannya, ini kan menjadi penggerak ekonomi umat jadinya,” ujar H. Abd. Rasyid.

Dia berharap Pondok Pesantren Al Muhajirin bisa menularkan semangat wirausaha itu ke pondok pesantren lainnya. Dengan begitu, masing-masing pondok pesantren akan memiliki unit usaha yang dikelolanya.

“Tularkan pengetahuan dan semangat wirausaha yang dimiliki ke pondok pesantren yang lain agar bisa sama-sama berkembang,” pinta H. Abd. Rasyid.

“Dan saya akan mendorong pondok pesantren lain di Kalimantan Tengah untuk melakukan hal yang sama. Melalui Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, hal ini akan kami dukung untuk dikembangkan,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, Pondok Pesantren Al Muhajirin Antang mengelola usaha budidaya ikan. Terdapat ribuan ekor ikan yang dipelihara pada sejumlah kolam.

Pondok pesantren itu mampu menghasilkan setidaknya 3 ton ikan lele dalam sekali panen. Pangsa pasar yang mereka tuju adalah rumah makan di wilayah Kuala Kapuas dan sekitarnya. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook