Sambangi Kanwil Kemenag, Pemprov Kalteng Sampaikan Terima Kasih

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 20 Januari 2021 14:49, Dibaca 120 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah melalui Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah H. Nuryakin pada Rabu (20/1/2021) menemui Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama H. Abd. Rasyid. Saat itu, H. Nuryakin menyerahkan piagam penghargaan.

Dikatakan, piagam tersebut merupakan bentuk ucapan terima kasih pemerintah daerah kepada Kakanwil atas dukungannya dalam penyelesaian hibah aset tanah negara di Jalan G. Obos Palangka Raya. Tanah itu milik Kementerian Agama, kemudian dihibahkan ke Pemprov Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Idul Adha 1441H di Lapas Sampit)

“Mewakili pemerintah daerah, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Kakanwil Kementerian Agama sehingga proses hibah tanah itu tuntas,” katanya.

Di atas tanah tersebut, saat ini telah berdiri Masjid Raya Darussalam beserta sejumlah bangunan lainnya yang berada di komplek Islamic Center tersebut. Hibah tanah itu sejatinya hanya peralihan status pengelolaan semata, karena masih tercatat sebagai aset negara.

“Tanah itu tidak hilang, tetap sebagai aset negara,” tambah H. Nuryakin.

Menanggapi hal itu, Kakanwil Kemenag H. Abd. Rasyid mengaku apa yang dilakukannya hanya menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat, termasuk dalam hal ini dengan pemerintah daerah. Pengalihan aset tanah itu tidak mengurangi sedikit pun nilai manfaatnya, karena masjid raya yang dibangun di atasnya tetap dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Apa yang saya lakukan hanya sebatas kewenangan saya saja. Ini semua adalah hasil dari kerja keras kita,” ucap H. Abd. Rasyid.

Selain mendapatkan piagam penghargaan dari Pemprov Kalimantan Tengah, H. Abd. Rasyid juga menerima penghargaan serupa dari IAIN Palangka Raya. Penghargaan tersebut juga terkait pemecahan tanah aset negara yang di atasnya berdiri kampus IAIN.

Sekedar diketahui, tanah yang saat ini sebagai lokasi berdirinya Islamic Center, IAIN Palangka Raya, dan Asrama Haji Al Mabrur adalah milik Kementerian Agama,  dengan luas tidak kurang dari 20 hektar. Selanjutnya, dilakukan hibah dan pemecahan aset sehingga kemudian menjadi tanah negara yang dimiliki dan dikelola oleh Pemprov Kalimantan Tengah, IAIN Palangka Raya, dan Kanwil Kementerian Agama. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook