Petugas Lapas Muara Teweh Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap I dan Tahap II

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 24 Maret 2021 15:51, Dibaca 6 kali.


MMCKalteng - Barito Utara  - Tepat dua minggu yang lalu sebanyak 32 (tiga puluh dua) orang petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Teweh yang terdiri dari 31 petugas laki-laki dan 1 orang petugas perempuan melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap I. Hari ini Rabu (24/03/2021), bertempat di aula Pengayoman Lapas Muara Teweh mereka melanjutkan vaksinasi tahap II yang dilaksanakan oleh Puskesmas Lanjas, Muara Teweh. 

Kepala Puskesmas Lanjas, Surya Andi mengatakan bahwa vaksinasi tersebut dilaksanakan atas dasar kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara. "Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung," tuturnya. 

(Baca Juga : Petugas Kesehatan Rutan Kelas IIB Buntok Terima Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua)

"Dan untuk diketahui bahwa vaksinasi ini terdiri dari dua tahap dengan dosis yang telah ditentukan. Apabila seseorang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 sebanyak dua tahap, maka Herd Imunity di dalam tubuh akan terbentuk dengan sempurna," jelas Surya. 


Proses vaksinasi ini terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu, registrasi dan verifikasi data diri peserta, screening kesehatan peserta, pemberian vaksin dan terakhir pencatatan dan observasi.

"Apabila pada tahap screening kesehatan, ada peserta yang tidak memenuhi syarat maka peserta tersebut dapat digantikan dengan yang lain. Kemudian bagi peserta yang sudah divaksin agar tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19," imbuh Surya.

Perawat mahir Lapas Muara Teweh, Frans Sudarna selaku koordinator pelaksana dari Lapas mengatakan bahwa proses vaksinasi secara keseluruhan berjalan dengan lancar.


"Hari ini ada 3 orang yang menjalani vaksinasi tahap I dan 30 orang vaksinasi tahap II. Bagi peserta yang telah divaksinasi tahap I mereka akan dijadwalkan menjalani vaksinasi tahap II pada 14 hari ke depan," ungkapnya. 

Kalapas Muara Teweh, Akhmad Herriansyah membenarkan bahwa petugasnya menjalani vaksinasi Covid-19 tahap I dan II. Seharusnya ada 32 yang mengikuti vaksinasi tahap II, namun dikarenakan ada dua orang yang mengikuti penguatan kehumasan di Kantor Wilayah sehingga mereka dijadwalkan vaksinasi tahap II susulan.

"Kami dari Lapas Muara Teweh menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan vaksinasi tersebut. Kami akan terus berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 dan Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di dalam Lapas," tuturnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook