Perayaan Natal di Barsel Diimbau Ikuti Edaran Menag

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 21 Desember 2020 11:17, Dibaca 260 kali.


MMCKalteng - Barito Selatan - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Selatan (Barsel) H. Tuaini mengimbau semua umat Kristen dan Katolik di Barsel untuk mematuhi panduan dalam perayaan Natal. Panduan itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor: SE. 23 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah dan Perayaan Natal di Masa Pandemi Covid-19.

Dikatakan H. Tuaini, surat tersebut merupakan kebijakan pemerintah guna melindungi umat dari ancaman virus Covid-19. "Saya mengimbau semua umat Kristen dan Katolik yang sebentar lagi akan menyelenggarakan ibadah dan perayaan Natal agar mematuhi Surat Edaran tersebut. Pemerintah mengeluarkan surat itu semata-mata untuk memberi perlindungan kepada umat dari ancaman virus Covid-19," kata H Tuaini saat diwawancarai di ruang kerjanya. Senin (21/12/2020).

(Baca Juga : Kakanwil: Pers Mitra Strategis Kemenag)

Surat tersebut dimaksudkan agar penyelenggaraan ibadah dan perayaan Natal tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Karena, di dalam edaran itu terdapat sejumlah protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

"Surat edaran itu mengatur tentang bagaimana ketentuan yang harus dijalankan dalam pelaksanaan ibadah, juga mengatur kewajiban pengurus dan umat dalam menyiapkan segala sesuatunya. Intinya ibadah dan perayaan Natal harus sesuai dengan standar protokol kesehatan," imbuhnya.

H. Tuaini meminta perayaan Natal di tengah pandemi ini agar dilaksanakan secara sederhana tanpa mengurangi hikmatnya. Selain itu, ia menyarankan kepada pengurus dan pengelola rumah ibadah di perkotaan yang jaringan internetnya sudah mendukung, untuk menyiapkan tata ibadah secara daring yang diperuntukkan bagi umat yang tidak dapat mengikuti ibadah secara bersama-sama karena adanya pembatasan ataupun karena kondisi fisik yang kurang sehat.

"Perayaan Natal dalam situasi pandemi ini kiranya dilakukan dengan sesederhana mungkin, namun hikmatnya tetap ada. Kepada pengurus gereja di dalam kota, persiapkan juga ibadah via daring guna memfasilitasi umat yang tidak dapat mengikuti ibadah secara bersama-sama di gereja," pungkas H. Tuaini. (Puji/Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook